Hujan Deras Disertai Angin Puting Beliung Terjang Sebagian Desa di Kabupaten Badung

Sebuah bangunan ambruk terkena angin dan hujan deras.

Mangupura, PERSPECTIVESNEWS – Hujan deras disertai angin puting beliung menerpa sejumlah desa di Kabupaten Badung, Minggu (15/12/2019) sore hingga petang. Sejumlah pohon tumbang akibat kejadian itu, bahkan satu unit rumah di Banjar Teguan, Desa Bongkasa, Kecamatan Abiansemal rubuh. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian materiil diperkirakan mencapai hingga seratus juta rupiah.

Kejadian ini langsung dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Badung. Petugas BPBD juga sudah melakukan pendataan. Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Badung dr Ermy Setiari, menjelaskan rumah yang roboh tersebut sebenarnya baru diperbaharui oleh pemiliknya sekitar dua tahun lalu.

Namun, akibat hujan lebat disertai angin puting beliung kini bangunan bali sakaa enam tersebut ambruk. “Iya, terjadi angin puting beliung pukul 15.00 Wita, yang mengakibatkan bangunan balai saka enam rubuh,” imbuhnya.

Selain merusak bangunan balai saka enam, tembok pilar merajan  I Wayan Sueca juga ikut roboh. “Bangunan yang roboh itu dengan panjang 6 meter dan lebar 4 meter. Nihil korban jiwa dan kerugian kurang lebih Rp 100 juta,” kata dr Ermy.

Di tempat terpisah, sebuah pondok (bangunan semi permanen, red) milik I Ketut Lanus (51) juga ambruk di Banjar Bantas Kelod, Desa Sibanggede, Abiansemal akibat tertimba pohon nangka setinggi 12 meter. Tidak ada korban jiwa, namun sebuah bangunan dan kanopi ringsek tertimpa pohon berdiameter 40 cm. Robohnya pohon ini juga sempat menutup badan jalan sehingga membuat akses masyarakat sekitar tersendat.(ari)