Napi Rutan Bangli Kabur saat Membersihkan Rumput Halaman Kantor

Bangli, PERSPECTIVESNEWS – Salah seorang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Bangli, I  Gede Sugiarta alias Sugik  (37) melarikan diri saat mendapat tugas memotong rumput di halaman depan kantor, Rabu (27/11/2019) sekitar pukul 10.00 Wita.

Kaburnya napi asal Banjar Kepasa Jawa, Desa Tinggal Sari Kecamatan Busungbiu, Kabupaten Buleleng tersebut sontak membuat petugas jaga rutan kalang kabut. Upaya pencarian terhadap napi yang terjerat kasus pencurian dengan kekerasan tersebut terus dilakukan petugas.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, kronologis kaburnya napi yang sempat ditahan di LP Tabanan tersebut bermula sekitar pukul 08.00 Wita beberapa napi diberikan tugas membersihkan halaman sekitar Kantor Rutan.

Berbekal mesin pemotong rumput I Gede Sugiarta  bersama sesama napi  awalnya memotong rumput di sebelah utara kantor. Setelah bekerja hampir setengah jam, beberapa napi ada yang kembali digiring petugas  masuk ke blok. Sementara I Gede Sugiarta bersama temannya masih tetap bekerja di luar.

Lengahnya  pengawasan yang dilakukan petugas dimanfaatkan oleh I Gede Sugiarta. “Kepada teman sesama napi yang diajak bekerja,  I Gede Sugiarta mengaku mau mencari madu di sebelah timur areal Kantor Rutan Bangli,” ujar sumber yang enggan disebutkan namanya.

Karena saking lamanya ditunggu-tunggu I Gede Sugiarta tidak balik, akhirnya dilaporkan kepada petugas jaga. Setelah dicek di sekitar areal kantor napi layaran Rutan Gianyar tersebut tidak ditemukan. Kaburnya I Gede Sugiarta sontak membuat petugas kebingungan. Upaya pencarian  dilakukan petugas dengan menyanggongi beberapa tempat yang diyakini sebagai jalur pelarian  I Gede Sugiarta.

Kepala Rutan Bangli Made Suwendra saat akan dikonfirmasi via telepon terkait kaburnya salah seorang napi, belum  bisa dikonfirmasi.(dai)