Bupati Artha Sambut Baik Roadshow ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi’ di Jembrana

Share this post

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Bupati Jembrana I Putu Artha menyambut baik sekaligus mengapresiasi kegiatan roadshow ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi’ KPK di Kabupaten Jembrana.

Kegiatan itu dinilainya positif sebagai bentuk sosialisasi anti korupsi di berbagai segi pemerintahan dan layanan publik yang ada. Ia juga berharap melalui roadshow itu meningkatkan partisipasi masyarakat, pemahaman yang benar dalam memberantas korupsi khususnya di kabupaten Jembrana sendiri. 

Roadshow Bus KPK ‘Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi’ tiba di Kabupaten Jembrana. Jembrana menjadi daerah ke-18 yang disambangi lembaga anti rasuah ini sejak memulai perjalanan dari Kantor KPK Jakarta Jumat (21/6/2019) lalu.

Selama dua hari, Selasa (27/8) hari ini dan Rabu (28/8) besok, roadshow akan melakukan sejumlah kegiatan untuk pencegahan dan edukasi kepada masyarakat. Berbagai program pencegahan berupa kegiatan pendidikan dan kampanye anti korupsi menyasar semua level masyarakat.

Ketua Tim Roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi, Dani Rusdani mengatakan, roadshow Bus KPK ini lebih menekankan pencegahan dan edukasi, bukan pengaduan.

“Kami disini tidak membuka pengaduan tapi memberikan ruang konsultasi pencegahan dan edukasi mekanisme pengaduan. Kalau pengaduan harus melalui berbagai sarana atau saluran yang sudah disediakan,” jelasnya.

Seperti edukasi dari tingkat TK sampai Mahasiswa, ASN, Perangkat Desa, DPRD, politisi dan masyarakat umum di Jembrana. Ia juga mengaku selama rangkaian acara roadshow ini juga akan dihadiri personil pimpinan KPK.

“Anak usia dini sudah menjadi target edukasi nilai-nilai kejujuruan dan nilai-nilai anti korupsi sejak dini,” pungkasnya.

Di Jembrana menerjunkan sebanyak 12 anggota yang merupakan personil gabungan dari Divisi Pencegahan, Divisi Pengaduan Masyarakat dan Kordinator Wilayah (Korwil) Bali.

Selama dua hari, banyak kegiatan yang akan dilakukan diantaranya edukasi antikorupsi, games interaktif pengenalan pendidikan korupsi sejak dini, mendongeng, diskusi publik serta pendidikan antikorupsi di berbagai lembaga pemerintahan.

Pemkab Jembrana bersama KPK serta instansi vertikal, juga akan menggelar pameran pelayanan publik yang melibatkan pelayanan di berbagai OPD Pemkab Jembrana, diantaranya pelayanan kependudukan dan catatan sipil, unit-unit pelayanan perijinan, hasil-hasil pertanian perkebunan, layanan perpustakaan keliling, pajak, SIM Online, pelayanan di bidang pertanahan, kelompok informasi masyarakat, hasil-hasil kerajinan dan industri kecil Jembrana.

Berbagai kegiatan itu bisa diikuti segenap lapisan masyarakat Jembrana sekaligus berinteraksi langsung mengedukasi masyarakat tentang pemahaman anti korupsi. Pameran digelar di halaman depan kantor Bupati Jembrana.    (utu/bhihumas).