“Prabawa Natha” Kewibawaan Pemimpin Menuju Jembrana Maju dan Sejahtera

Share this post

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS- Kota Negara yang berada di ujung Barat Pulau Bali memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-124 tahun. Pada peringatan tahun ini mengusung thema “Prabawa Natha”.

Secara filosofi, tema ini memiliki makna mendalam yakni Kewibawaan Pemimpin Menuju Jembrana Maju dan Masyaraka Sejahtera. Tema yang diusung juga bisa dimaknai bahwa kewibawaan dan kharisma sang pemimpin senantiasa sejalan dan senantiasa selaras dengan tatanan nilai-nilai adat dan budaya yang ada di kalangan masyarakat Jembrana sendiri.

Melalui tema ini pula diharapkan segala pengambilan kebijakan lebih mengedepankan keinginan maupun kehendak untuk kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Menjaga keselarasan antara manusia dengan Tuhan, antara manusia dengan manusia dan antara manusia dengan lingkungan (konsep Tri Hita Karana) juga senantiasa menjadi acuan dalam setiap kegiatan pembangunan dan perbaikan dari segala bidang yang telah ditungkan dalam berbagai bidang.

Di dalam mengimplementasikan perjuangan guna mewujudkan kesejahtraan serta kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Jembrana dengan senantiasa menjaga keselerasan alam.

Bupati Jembrana Putu Artha maupun wakil Bupati Made Kembang Hartawan pada satu kesempatan mengemukakan, program pembangunan yang dijalankan Pemerintah Kabupaten Jembrana telah sejalan dengan program pembangunan Pemerintah Pusat dalam mewujudkan Program Nawacita yang salah satunya ‘Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia’.

Rangkaian HUT Kota Negara telah diawali dengan persembayangan ke sejumlah pura sebagai bentuk permohonan niskala supaya berjalan lancar. Perayaan HUT Kota juga diharapkan mampu menonjolkan potensi seni budaya serta kreativitas wilayah masing-masing kecamatan.

Bupati Artha juga berharap seluruh kegiatan bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat sebagai momentum berbagi kebahagiaan dan kebanggaan akan hari jadi Kota Negara yang tercinta.

Untuk diketahui, keberhasilan yang telah dicapai Kabupaten Jembrana selama ini bukanlah upaya individu, kelompok atau golongan akan tetapi hasil kerja kolektif kolegial masyarakat di Tanah Jegog tanpa terkecuali sesuai dengan tugas dan fungsinya masing masing,

“Hal ini patut kita syukuri bersama,” demikian Bupati Jembrana Putu Artha.  (ADV)