Kampung Bola Sasar Sport Tourism

Share this post

Kutuh, PERSPECTIVESNEWS – Kampung bola di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung yang telah diresmikan bakal menyasar utama pada sport tourism di masa mendatang, utamanya sepakbola. Tak hanya sepakbola saja tapi kaitan di dalamnya juga pariwisata Badung dan Bali.

Kampung bola itu sendiri dinilai sebuah event terbaik dan satu-satunya di Indonesia dengan membranding suatu tempat dengan sepakbola, dan dikolaborasi dengan pariwisata. Ini sangat positif karena ada pembinaan olahraga dan sport tourism.

Penilian ini datang dari Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta saat meresmikan Kampung Bola tersebut, Minggu (16/6/2019) malam.

Dan semua itu dinilai merupakan langkah besar yang dilakukan GO Bola Bali dan Desa Kutuh Badung Bali. “Selama ini industri sepakbola masih kuat di negara-negara besar, padahal Indonesia peminatnya untuk sepakbola urutan kedua terbesar di dunia. Nah sekarang Badung telah memiliki tempat dengan harapan negara-negara lain datang ke sini, dan ini telah diuji cobakan tahun lalu dengan event Badung IFC yang tarafnya internasional dan melibatkan 12 negara,” kata Isnanta.

Apalagi sekarang lanjutnya, ditambah lagi di Badung di Desa Kutuh juga dikembangkan lapangan dengan kemasan industri yang kuat. Kemenpora sendiri memandang langkah tersebut harus dimotivasi dalam bentuk meyakinkan ke mancanegara, jika di Desa Kutuh ada pusatnya sepakbola di Bali.

“Kami akan menguatkan keyakinan kepada keyakinan negara-negara luar agar datang dan bertanding sepakbola di Bali. Ini harus dikembangkan di daerah lainnya seperti paragliding dan arung jeram,” tegasnya.

Sementara itu, owner Go Bola Bali, I Gusti Agung Putu Nuaba menambahkan, memang kampung bola sangat tepat menyasar ke sport tourism terutama untuk even yang digelarnya yakni usia muda.

“Kami telah menggelar kejuaraan sepakbola untuk usia 12 tahun dan 15 tahun pada musim lalu dan sukses, rencananya kami tahun ini atau awal tahun depan bakal menggelar kejuaraan sama di kampung bola ini,” tukas Nuaba.(yok)