Kalahkan Persija, Bali United Jejakkan Satu Kaki di Semifinal Piala Indonesia

Share this post

Gianyar, PERSPECTIVESNEWS – Bali United menjejakkan satu kaki di semifinal Piala Indonesia 2019 setelah pada leg 1 babak delapan besar menundukkan tamunya Persija Jakarta 2-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar,  Jumat (26/4/2019).

Dua gol Serdadu Tridatu dilesakkan Stefano Lilipaly melalui sontekan kaki kanannya masing-masing pada menit ke-51 dan 80. Sedangkan gol semata wayang Macan Kemayoran dicetak pemain gaek Bambang Pamungkas menit ke-85.

Bermain di depan ribuan pendukungnya, Bali United langsung tancap gas. Gempuran demi gempuran ke daerah pertahanan Persija nyaris membuahkan gol ketika wasit menghadiahi penalti karena pelanggaran yang dilakukan pemain Persija di daerah terlarang.

Namun sayang, Lilipaly yang ditunjuk sebagai algojo gagal menunaikan tugasnya dengan baik. Hingga jeda pertandingan, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Memasuki babak kedua, pelatih Bali United Stefano “Teco” Cugurra menerapkan strategi terus menekan pertahanan lawan. Sementara Persija besutan pelatih Ivan Kolev, tidak mau kalah dan juga memberikan tekanan berbahaya bagi kubu tuan rumah.

 Jual beli serangan pun diperagakan kedua tim. Dan pada menit ke-51 Stefano Lilipaly dengan tendangan first time memanfaatkan umpan Irfan Bachdim mampu memperdaya kiper Persija Shahar Ginanjar, 1-0 tuan rumah unggul.

Unggul satu gol, tidak mengendurkan tekanan anak-anak Bali United yang dikapteni Fadil Sausu. Namun meski tekanan terus diberikan, ternyata anak-anak Bali United membutuhkan hampir 30 menit untuk membobol gawang Shahar untuk kedua kalinya.

Pada menit ke-80 lagi-lagi Stefano Lilipaly memperbesar kemenangan timnya menjadi 2-0 memanfaatkan umpan Yabes Roni di rusuk kiri pertahanan Persija.

Unggul 2-0 membuat penggawa Serdadu Tridatu sedikit lengah. Terbukti lima menit jelang laga pungkas, tepatnya menit ke-85 pemain pengganti Bambang Pamungkas berhasil memperkecil defisit gol timnya menjadi 1-2 memanfaatkan umpan dari rusuk kirim pertahanan kiper Bali United Wawan Hendrawan. Gol Bambang Pamungkas sekaligus menjadi gol penutup di laga itu.

“Kemenangan ini hasil kerja keras kami, tapi masih ada leg II. Tidak boleh lengah karena Persija pasti bangkit dari kekalahan ini,” sebut pelatih Bali United, Stefano “Teco” Cugurra usai laga.

Pelatih berpaspor Brazil yang pernah dua tahun membesut Persija ini mengaku sangat senang bisa mengalahkan tim sebesar Persija di rumah sendiri. Tapi perjalanan belum selesai.

Sementara pelatih Persija Jakarta, Ivan Kolev berdalih kekalahan timnya akibat dua faktor yaitu absennya beberapa pemain pilar dan kelelahan fisik karena baru saja selesai mengikuti AFC.(git)