Tim Gabungan Gelar Operasi di Gilimanuk, 43 Pengemudi Kendaraan Ditilang

Share this post

Jembrana, PERSPECTIVESNEWS– Balai Pengelolaan Transpotasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali, NTB bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali dan Dishub Kabupaten Jembrana serta Polres Jembrana menggelar operasi Rabu (27/3/2019). Dari operasi tersebut, sebanyak 43 pengemudi kendaraan ditilang karena berbagai jenis pelanggar.

Sebagaimana dikemukakan Kasatpel UPPKB Jembatan Timbang di Cekik (Gilimanuk), I Ketut Iriana Wastika, SE kepada perspectivesnews operasi kali ini menyasar semua jenis kendaraan angkutan umum, baik bus AKAP, travel, dan kendaraan sewa yang masuk ke wilayah Provinsi Bali.

Dikatakan, sebenarnya awalnya operasi dilakukan di Terminal Gilimanuk. Namun karena ada pertimbangan lain, operasi berpindah di areal Jembatan Timbang Cekik.

Setelah berpindah lokasi, kata dia, beberapa kendaraan travel berhasil ditilang. Secara umum jenis kendaraan travel tersebut tidak dilengkapi dengan izin, tanpa kartu pengawasan bahkan surat-surat lainnya tidak lengkap.

Lucunya, kata mantan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bali tahun 2010-2016 ini, saat  operasi beberapa kenadraan travel ada yang ngumpet di gang-gang di Kelurahan Gilimanuk.

Oprasi gabungan yang dilakukan tujuannya untuk penertiban kendaraan angkutan umum. Sebab, banyak masukan dari masyarakat  ada kendaraan angkutan umum baik bus AKAP, AKDP, travel dan kendaraan sewa maupun bus pariwisata tidak mengantongi izin. Bahkan kendaraannya secara fisik tidak layak jalan.

“Selain itu tim operasi gabungan ini saat pemeriksaan mengecek secara keseluruhan kelengkapan administrasi karena berkaitan dengan keselamatan dan perlindungan para penumpang,” pungkas Ketut Iriana Wastika,SE (utu)