Pecatur Putri Bali Wakili Indonesia ke SEA Games Manila

Gracelia Paramesthi Samekto (kanan). (FOTO: PERSPECTIVESNEWS/ist)

Denpasar, PERSPEKTIVESNEWS.COM – Salah satu pecatur Bali bergelar Master Nasional Wanita (MNW) Gracelia Paramesthi Samekto lolos mewakili Indonesia ke SEA Games 2019 di Manila, Filipina setelah pada Seleknas menempati 4 besar dari 19 pecatur putri Indonesia yang dipanggil mengikuti ajang tersebut, di Bekasi. 

 Sekretaris Umum Pengprov Percasi Bali, Handoko mengatakan, dari 19 pecatur yang ikut seleknas hanya diambil 7 besar. Sedangkan pecatur asal Badung, Bali yang akrab disapa Gecy itu menempati ranking 4 besar dengan nilai 6, atau poin sama yang diraih peringkat atas pecatur asal Jateng WMI Shanti Nur Abidah, posisi kedua Samantha Editsho dari PB. Dan WIM. Chelsie Monica Sihite dari Kaltim. 

Kemudian di bawah Gecy yang lolos mewakili Merah Putih, meliputi  WIM. Dewi AA. Citra (Jabar), WFM. Ummi Fisabillah (DKI) dan WFM Dita Karenza dari Jawa Barat. Artinya, Gecy melampaui kualitas tiga pecatur yang  bergelar di atasnya.

 “Dari tiga pecatur di bawah Gecy merupakan pecatur bergelar Master Internasional dan Master Fide, sementara Gecy baru meraih Master Nasional Wanita ketika tampil pada PON XIX di Jawa Barat tahun 2016 silam,” ucap Handoko, Kamis (31/1/2019).

Ketenangan selama tampilan pada seleknas asah otak membuat Gecy mampu mengungguli 10 pecatur bergelar WIM dan WFM. Menurut Handoko, ini merupakan kesempatan pertama yang didapat pecatur Badung, dan berharap bisa meraih hasil lebih baik pada saat mewakili Indonesia di SEA Games Filipina 2019. 

Manfaat lain merupakan bekal bagi Gecy  untuk tampil pada Pra-PON, dan terlebih lagi persiapan Badung menuju Porprov Bali di Tabanan.(git)