Gubernur Koster Cek Kondisi dan Kesenian Mural di Bandara Ngurah Rai

Gubernur Bali, Wayan Koster, saat meninjau Terminal Domestik Keberangkatan dan Kedatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Senin (23/5/2022) (FOTO: HUMAS)

BADUNG, PERSPECTIVESNEWS – Gubernur Bali, Wayan Koster, meninjau Terminal Domestik Keberangkatan dan Kedatangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Senin (23/5/2022).

Setiba di Terminal Keberangkatan Domestik, Gubernur Koster langsung meninjau konter pelaporan mandiri (self-check-in). Nampak para Wisatawan Domestik (Wisdom) secara tiba-tiba menghampiri Gubernur Koster untuk bisa berfoto bersama.

Usai melayani Wisdom berfoto, Mantan Anggota DPR RI 3 Periode dari Fraksi PDI Perjuangan ini kemudian melanjutkan kunjungan kerjanya dengan mengecek satu persatu hasil karya seni mural yang dilukis di bagian dinding Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Domestik dengan desain lukisan khas Bali.

Selain mengececk karya seni mural, Gubernur Koster pula menyempatkan waktu memantau kondisi gerai kuliner yang berada di areal terminal keberangkatan dan kedatangan domestik.

Mengakhiri peninjauannya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Gubernur Koster menyempatkan diri meninjau Gerai BPD Bali Madolan yang bekerja sama dengan Balimall.go.id dengan menjual anekaragam produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Produk Lokal Bali sesuai pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan, dan Industri Lokal Bali.

Di hadapan Gubernur Bali, Kadek Sari selaku kasir di Gerai BPD Bali Madolan menjelaskan bahwa semenjak Bandara Ngurah Rai normal kembali dikunjungi wisatawan, rata-rata wisatawan yang tiba dari jalur kedatangan itu menyempatkan waktu membeli produk UMKM di Gerai BPD Bali Madolan dengan rata-rata pendapatan perhari dari Rp 200 sampai 300 ribu. “Bahkan sempat kalau ramai itu pendapatannya perhari mencapai Rp 12 juta,” ungkapnya.

Sementara General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali, Herry A.Y. Sikado, melaporkan penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Domestik dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 259.159 orang. Kemudian untuk penumpang yang datang di Terminal Kedatangan Internasional dari tanggal 1 Mei 2022 sampai 21 Mei 2022 totalnya mencapai 83.207 orang.

Aktifnya kembali Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melayani penumpang untuk datang ke Pulau Bali baik dari Terminal Kedatangan Domestik dan Internasional, pasca Gubernur Koster berhasil melobi Pemerintah Pusat untuk memberlakukan kebijakan baru bagi Wisatawan Mancanegara pada tanggal 7 Maret yang lalu, tanpa karantina dan menerapkan kebijakan Visa on Arrival (VoA) dari semula 29 negara, bertambah menjadi 40 negara, dan sekarang bertambah menjadi 60 negara.

Perkembangan pandemi Covid-19 di Bali juga semakin baik dan kondusif yang diiringi dengan pencapaian vaksinasi yang semakin tinggi di Provinsi Bali, di mana Vaksinasi pertama telah mencapai 105 persen, Vaksinasi kedua mencapai 95 persen dan Vaksinasi ketiga (booster) sudah mencapai 70 persen atau tertinggi dan tercepat di Indonesia.

Kunjungan kerja Gubernur Bali ini turut didampingi langsung oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV, Putu Eka Cahyadi, General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai-Bali, Herry A.Y. Sikado, Kapolsek Kawasan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, AKBP Ida Ayu Wikarniti, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, Manager Teknik dan Fasilitas Airnav serta Perwakilan Kantor Kesehatan Pelabuhan.   (zil)