Wapres Tutup PON Papua, Bali di Peringkat 5 Besar

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin saat menutup PON XX Papua pada Jumat (15/10/2021) malam di Stadion Lukas Enembe. (FOTO: PB PON XX Papua)

JAYAPURA, PERSPECTIVESNEWS – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua telah selesai dan resmi ditutup Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin di Stadion Utama Lukas Enembe, kompleks olahraga Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/21) malam.

Di multievent ini Bali di peringkat kelima dengan 28 medali emas, 25 perak dan 53 perunggu. Prestasi ini lebih baik dari PON XIX/2016 Jawa Barat di mana Bali denga 20 medali emas berada di posisi keenam.

PON XX Papua menempatkan Jawa Barat juara umum dengan raihan 133 medali emas, 105 perak dan 115 perunggu disusul DKI Jakarta dengan 111 ems, 91 perak dan 99 perunggu.

Jawa Timur denga 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu di peringkat ketiga disusul tuan rumah Papua di peringkat keempat dengan 93 emas, 66 perak dan 102 perunggu.

Saat menutup pelaksanaan PON XX, Wapres memuji habis-habisan kesiapan Papua sebagai tuan rumah hajatan olahraga akbar di Indonesia itu.

“Papua, sa cinta ko, Papua buat saya jatuh hati. Akhirnya kita sampai pada puncak PON XX malam ini. Atas nama Presiden Jokowi serta segenap masyarakat Indonesia kami menyampaikan terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemerintah Papua atas penyelenggaraan PON XX yang sukses. Sejarah mencatat PON pertama kali digelar di Tanah Papua dan berjalan dengan sukses,” kata Wapres.

Tambah Wapres, Pemerintah dan Warga Papua bukan hanya mampu menyelenggarakan PON XX, tapi bahkan berhasil menyelenggarakan dengan sempurna sesuai dengan jargon Torang Bisa! yang jelas nyata terbukti.

“Ini membuktikan bahwa Papua bukan saja sejajar dengan daerah lain, tapi justru unggul. Prestasi Papua juga melonjak dan menempati peringkat ke-4 dengan 93 emas, ini membuktikan bahwa Papua menjadi salah satu kekuatan olahraga di Indonesia. PON XX juga sebagai perekat persatuan Bangsa Indonesia. Semoga kesuksesan PON XX ini bisa dilanjutkan pada perhelatan iven Peparnas XVI pada November mendatang,” ujar Wapres.

Gelara olahraga empat tahunan PON XXI tahun 2024 akan diselenggarakan oleh dua provinsi, yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. (zil)