Perbakin Bali Petakan Persaingan di PON Papua, Jabar dan Kalsel bisa Menjadi Batu Sandungan

Para petembak PON Bali tampak intensif berlatif membidik sasaran sebelum mereka diterjunkan ke ajang tersebut, 2-15 Oktober 2021 di Papua. (FOTO: ist)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Tim menembak Bali yang bakal diterjunkan di ajang PON XX/2020 Papua, kini mulai melakukan pemetaan kemungkinan daerah yang bakal menjadi saingan terberat merebut medali emas khususnya di nomor air pistol.

 Petembak di nomor ini kini tengah latihan intensif sebelum keberangkatan menuju Papua. Teknik serta chemistry telah dilakukan oleh mereka di bawah arahan pelatih.

Di nomor air pistol ini, Bali sendiri masuk sebagai salah satu tim kuat dengan adanya beberapa nama seperti Kadek Rico Vergian Dinatha maupun Kadek Diana Putra yang sudah kenyang pengalaman nasional dan internasional. Selain dua nama itu, dua petembak putri di nomor ini ada Serly dan Lily Sulistyadewi.

Pelatih tim menembak PON Bali I Made Sugiantara, Senin (20/9/2021) mengatakan, soal rival Bali itu disebutkannya dari Jawa Barat dan Kalimantan Selatan. Sugiantara juga merinci bagaimana persiapan dua provinsi tersebut.

“Kalau Jabar itu atletnya tidak putus latihan semenjak PON 2016 lalu, jadi progressnya sepanjang tahun. Sementara Kalimantan Selatan, di sana ada atlet Pelatnas atas nama Deni Pratama yang merupakan saingan Rico Vergian di nasional, khususnya air pistol 10 meter putra. Selain itu, Pengprov Perbakin Kalsel didukung penuh gubernurnya dalam hal fasilitas,” beber Sugiantara.

Pria yang akrab disapa Pak Rino ini menambahkan, meski peta kekuatan dua provinsi tersebut sudah digenggam, namun ia tak memandang enteng lawan-lawan lainnya. Pasalnya, di menembak, apapun bisa terjadi, tergantung pengalaman, mental serta chemistry.

Nah, soal chemistry ini, sangat diperlukan karena di nomor air pistol di PON XX/2021 nanti dipertandingkan juga kategori mix. Artinya, petembak putra dan putri Bali wajib memiliki ikatan yang padu agar dalam bertanding meraih hasil maksimal.

“Wajib saling dukung satu sama lain jangan menganggap paling hebat. Karena nanti menembaknya bergantian dan poinnya dikalkulasi,” imbuhnya.

Untuk nomor mix di air pistol ini juga sudah ditentukan. Rico Vergian Dinatha nantinya berpasangan dengan Lily. Kemudian Kadek Diana Putra berpasangan dengan Talita yang notabene spesialis di nomor fire (senjata api).

Namun, karena dari pengalaman di nomor mix, maka Talita yang dipilih menjadi pasangan Kadek Diana. Sementara di nomor lainnya ada perorangan putra-putri serta beregu dengan total medali yang diperebutkan sebanyak 6 keping emas. “Di air pistol, Bali berkekuatan 4 orang yakni 2 putra dan 2 putri,” tandasnya. (yus)