Ketua Dekranasda Bali Luncurkan Program ‘IKM/UMKM Goes to Mall’

Ketua Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, berkesempatan mendampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Batu-Jawa Timur, Ny Qurotul Aini, saat kunjungan kerja di home base IKM/UMKM Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa, Art Center Denpasar dan Plaza Renon, Kamis (10/6/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Dewan Kerajinan Nasional daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, berkesempatan mendampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Batu-Jawa Timur, Ny Qurotul Aini, saat kunjungan kerja di home base IKM/UMKM Provinsi Bali di Gedung Ksirarnawa, Art Center Denpasar dan Plaza Renon, Kamis (10/6/2021).

Turut hadir Kadin Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono serta rombongan serangkaian kunjungan kerja.

Dalam kesempatannya, Ny Putri Koster menyampaikan pihaknya akan memperkenalkan produk kerajinan lokal melalui pameran yang dihelat di mall-mall besar di Bali yang bertajuk “IKM/UMKM Goes to Mall” yang akan dibuka serentak pada 14 Juni mendatang.

Ia juga menyampaikan pemasaran produk asli lokal perajin Bali di saat pandemi Covid-19 telah dilakukan melalui e-marketplace sepertibalimall.id untuk meminimalisir terjadinya kontak fisik konsumen dengan penjual.

Menurutnya, perajin Bali harus bisa menguasai infomasi teknologi agar tidak kalah cepat dengan kemajuan IPTEK yang sedang melanda dunia.

“Peran Dekranasda di sini adalah memfasilitasi terselenggaranya pameran IKM/UMKM bagi perajin lokal sehingga terjadi transaksi langsung dengan konsumen, di samping harus kreatif dan inovatif dengan cara beradaptasi terkait situasi yang ada saat ini,” imbuhnya.

Ia mengajak semua Dekranasda se-Indonesia untuk dapat melaksanakan kerja sama antara satu dengan yang lainnya agar warisan budaya leluhur tidak semakin punah mengingat keberadaan warisan nusantara merupakan tanggung jawab bersama.

Kadin Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kota Batu, Eko Suhartono, mengatakan kunjungan kerjanya ke Bali adalah karena Bali dan Batu sama-sama daerah yang sangat terdampak Covid-19 dan sama-sama hidup dari sektor pariwisata yang saat ini mengalami keanjlokan.

Pihaknya datang untuk tahu bagaimana Bali mulai bangkit dengan sektor IKM/UMKM-nya di samping juga sektor pertanian. Selain pameran IKM/ UMKM di Taman Budaya Art Center, kunjungan juga akan dilaksanakan ke Kabupaten Gianyar.

Ke depan, Ny Putri Koster berharap agar Bali mampu menjadi etalase bagi produk kerajinan nusantara, sehingga landasan kerja berupa pelaksanaan prokes yang ketat adalah menjadi faktor utama bagi pulihnya daerah Bali dan Batu khususnya dari penyebaran dan penularan Covid-19.   (ari)