Ny Putri Koster Minta Kader PKK Jadi Pelopor Perubahan di Masyarakat

Ny Putri Koster saat menghadiri acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Bangli di Museum Geopark, Kintamani, Bangli, Selasa (8/6/2021)

BANGLI, PERSPECTIVESNEWS – Pergerakan PKK di tengah masyarakat memegang peran yang sangat strategis dan penting dalam menyosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah serta menjadi pelopor terhadap perubahan yang terjadi dengan adanya kebijakan tersebut.

Sehubungan dengan hal itu, kader PKK diharapkan bisa menjadi dan memberi contoh dalam menyikapi kebijakan, sehingga perubahan ke arah yang lebih baik dapat diwujudkan.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster, saat menghadiri acara peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-49 Tingkat Kabupaten Bangli yang dirangkai dengan Peringatan Bulan Bung Karno III Tahun 2021 di Museum Geopark, Kintamani, Bangli, Selasa (8/6/2021).

Ia turut menyampaikan bahwa Pemprov Bali telah mengeluarkan sejumlah regulasi dalam upaya mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satunya tentang pengelolaan sampah berbasis sumber.

Melalui kebijakan ini diharapkan terjadi perubahan perilaku di tengah masyarakat, di mana masyarakat sudah bisa mengolah sampahnya langsung dari sumbernya sehingga desa yang satu tidak mengotori desa lainnya.

“Di sini peran dari kader PKK untuk memberikan dan menjadi contoh dari perubahan yang dimulai dari pengolahan sampah yang dihasilkan di rumahnya sendiri sehingga sampah terkelola dengan baik dan tidak mengotori desa lainnya,” ujarnya.

Ny Putri juga meminta agar kader PKK khususnya di Kabupaten Bangli untuk mendukung penuh berbagai langkah kebijakan maupun program yang dicanangkan Pemkab Bangli.

“PKK harus bisa kreatif dan terus aktif, PKK harus bekerja keras mengimbangi apa yang ingin diwujudkan dan dicita-citakan bersama,” tuturnya.

Dalam acara yang mengangkat tema ‘Keluarga Pelopor Perubahan Menuju Indonesia Maju’, dipentaskan untuk pertama kalinya Tarian Pucuk Bang yang sangat apik.

HKG ke-49 juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bangli, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bangli, organisasi kewanitaan serta Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Bangli, serta diisi dengan pemeran Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK dan pagelaran fashion show pakaian kerja berbahan  busana kain tenun endek oleh para ASN di lingkungan Pemkab Bangli.   (ari)