Himpun Aspirasi Masyarakat, Pemkot Denpasar Gelar Musrenbang

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, saat membuka Musrenbang RPJMD di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Selasa (8/6/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Pemerintah Kota Denpasar menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Denpasar Tahun 2021-2026 yang dibuka langsung Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Gedung Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Selasa (8/6/2021).

Kegiatan ini bertujuan menghimpun aspirasi dan masukan masyarakat terhadap visi, misi, tujuan, sasaran, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah Kota Denpasar.

Wawali Arya Wibawa mengatakan dokumen RPJMD merupakan salah satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari sistem perencanaan pembangunan nasional, sesuai amanat Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, serta Tata Cara Evaluasi Ranperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) dan RPJMD, serta Tata Cara Perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

“Bertitik tolak dari kondisi saat ini dan isu-isu strategis yang berkembang di Kota Denpasar, maka Visi yang saya tetapkan selama lima tahun ke depan adalah Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, penyelarasan dan dukungan oleh Perangkat Daerah sangat diperlukan untuk pencapaian visi dan misi yang telah ditetapkan.

Peserta yang mengikuti musyawarah ini masing-masing mempunyai kompetensi yang relevan terhadap permasalahan pembangunan dan isu strategis Kota Denpasar. Semuanya bersama-sama memberikan masukan dan saran untuk menyempurnakan Rancangan RPJMD Kota Denpasar Tahun 2021-2026.

“Saya berharap melalui penyelenggaraan Musrenbang in akan dihasilkan dokumen perencanaan jangka menengah daerah yang mampu mengemban misi penting untuk menyatukan pola pikir/aspirasi dari berbagai unsur pelaku pembangunan,” harapnya.

Ia juga berharap dari kegiatan ini mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan berbagai pemikiran yang inovatif dan kreatif dalam menjawab isu-isu dan permasalahan yang ada di Kota Denpasar.   (hum)