PLN Peduli Salurkan Rp 50 Juta untuk Tukad Buleleng

PLN Peduli menyalurkan Rp 50 Juta untuk Tukad Buleleng.

BULELENG, PERSPECTIVESNEWS – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali kembali menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di Tukad Buleleng, Kelurahan Kampung Bugis, Kabupaten Buleleng, Sabtu (5/6/2021).

Bantuan program PLN Peduli sebesar Rp 50 juta yang diserahkan langsung oleh Manager PLN UP3 Bali Utara, Agus Yudistira kepada Wakil Bupati Buleleng, I Nyoman Sutjidra itu disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat dan Ketua DPRD Buleleng, Gede Supriatna. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH).

Wabup Sutjidra menyampaikan, Tukad Buleleng ini memang sudah tidak lagi difungsikan sebagai pelabuhan, namun keberadaannya memiliki nilai sejarah yang tinggi sehingga penting untuk dijaga kebersihannya.

“Kami mengapresiasi PLN yang dalam hal ini telah ikut peduli terhadap kelestarian Tukad Buleleng, sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Kami menghimbau masyarakat untuk sama – sama menjaga apa yang sudah diberikan oleh PLN,” kata Sutjidra.

Kadis LH Gede Melandrat menyampaikan, dalam rangka peringatan HLH maka dilaksanakan kegiatan bersih-bersih sungai sekaligus mempercantik kawasan hilir Tukad Buleleng sehingga dapat menciptakan destinasi wisata baru bagi masyarakat.

“Kami percantik hilir Tukad Buleleng untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar meningkatkan rasa malu membuang sampah ke sungai,” jelasnya.

Dirinya mengapresiasi PLN yang telah memberikan perhatian kepada masyarakat Buleleng, serta mengharapkan kelompok peduli sungai untuk mempertahankan keasrian Tukad Buleleng.

“Integrasi peran seluruh stakeholder, baik di tingkat kelurahan hingga kecamatan sangat penting, sehingga lingkungan asri tetap terjaga,” kata Gede Melandrat.

Manager PLN UP3 Bali Utara, Agus Yudistira menyampaikan bahwa pemberian bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan PLN kepada masyarakat.

“Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar dapat menjaga lingkungan lebih bersih,” ungkap Agus.

Perwakilan Kelompok Peduli Sungai Buleleng Gede Budiasa menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PLN yang telah mewujudkan harapan masyarakat di sekitar Tukad Buleleng.

“Bantuan yang diberikan kami wujudkan dalam pengadaan kano serta lampu-lampu yang menerangi sekaligus menghias pinggir Tukad Buleleng ini,” jelas Gede Budiasa.

Ia menjelaskan, penyediaan kano nantinya difungsikan tidak hanya untuk kepentingan wisata saja, namun juga sebagai alat untuk mengambil sampah yang sulit dijangkau.    (rls)