Musrenbang 2021-2026, Kota Blitar Siap Realisasikan Program Inovatif Pembangunan

Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd. membuka Musrenbang RPJMD tahun 2021-2026.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd. membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Ditegaskan, Kota Blitar siap merealisasikan program inovatif pembangunan.

Musrenbang berlangsung di Balai Kota Kusuma Wicitra, Jumat (4/6/2021). Musrenbang RPJMD tersebut juga dihadiri  Kasubdit II Ditjen Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI, Kepala Bakorwil Malang Prov Jatim, Sekda Kota Blitar, Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim beserta perwakilan anggota DPRD Kota Blitar, Forkopimda, staf ahli, asisten dan kepala OPD, pimpinan BUMD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan LSM.

Dalam sambutannya, Wali Kota Blitar menegaskan, Musrenbang RPJMD ini merupakan sarana untuk menggali aspirasi dari masyarakat dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan sebagai dasar penentuan kebijakan pemerintah daerah dalam membangun selama kurun waktu lima tahun ke depan.

“Musrenbang RPJMD yang berlangsung ini dimaksudkan untuk menyempurnakan konsep pembangunan Kota Blitar dalam lima tahun mendatang. Karena itu kami harapkan dari musyawarah ini mendapat hasil yang terbaik bahkan sebelum resmi dibuka, kami telah lakukan kajian dengan Kemendagri,” jelas Drs. Santoso.

Lebih lanjut menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar ini menegaskan, kajian harus dilakukan dengan harapan agar penyusunan RPJMD sesuai dengan kaidah-kaidah serta ketentuan akademik yang normatif, sehingga bisa dijalankan dengan baik.

“Saya harapkan dari hasil RPJMD ini bisa dijadikan acuan utama oleh seluruh stakeholder Pemerintah Kota Blitar dalam menjalankan program dan kegiatan yang bertumpu pada visi misi yang sudah dipaparkan yaitu Blitar Keren, Unggul dan Bermartabat, kemudian misinya yang dituangkan dalam Sapta program prioritas,” imbuhnya.

Wali Kota Blitar menambahkan, untuk menentukan masa depan Kota Blitar yang lebih baik, sudah seharusnya pemangku kebijakan memiliki perhatian yang serius dan komitmen penuh, sehingga dapat menghasilkan inovasi kebijakan yang berdampak positif bagi pembangunan Kota Blitar.

“Pembangunan dapat diwujudkan bersama-sama yang diarahkan kepada tata kelola pemerintahan yang akuntabel. Oleh karena itu, saya berharap pembangunan yang dijalankan dapat merangsang pertumbuhan sentra ekonomi kreatif serta mendorong inovasi untuk penguatan ekonomi menuju masyarakat Kota Blitar yang lebih sejahtera, adil dan makmur,” tutup Drs. Santoso.    (the)