PLN Siap Amankan Gangguan Listrik Jelang Musim Layangan

PLN siap amankan gangguan listrik jelang musim layangan

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – General Manager PLN UID Bali, I Wayan Udayana, menyatakan siap amankan gangguan listrik yang dapat terjadi akibat layangan. Hal ini sebagai langkah antisipasi gangguan listrik menjelang musim layangan yang berlangsung bulan Juni hingga Agustus.

Pihaknya juga menjelaskan di tahun 2020, tercatat 291 kasus gangguan akibat layang-layang. Sedangkan pada tahun ini hingga Mei 2021 terjadi 14 kasus.

“Ketika terjadi gangguan yang mengakibatkan padam pada jaringan, petugas kami akan segera melakukan proses penormalan sesuai SOP yang berlaku,” ungkapnya.

Udayana menjelaskan, khusus pelanggan-pelanggan yang merupakan objek vital nasional seperti Rumah Sakit Umum dan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dipastikan tidak mengalami padam saat terjadi gangguan.

“Sesuai SOP, khusus untuk Obvitnas telah terpasang fast automatic transfer switch sehingga ketika satu jaringan gangguan, maka listrik bisa dialiri melalui jaringan lainnya,” jelas Udayana.

Dirinya juga mengatakan untuk meminimalisir gangguan listrik akibat layang-layang, PLN telah bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mengingatkan masyarakat agar bermain layangan dengan tertib dan aman.

“Jauhi jaringan listrik saat bermain layang-layang, hindari juga menginapkan layang-layang di malam hari karena tingginya risiko tersangkut di jaringan listrik,” imbaunya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk saling mengingatkan kerabat dan keluarga serta melaporkan jika terdapat gangguan akibat layang-layang melalui contact center PLN 123 atau aplikasi New PLN Mobile.   (ari)