PBVSI Badung Lakukan Seleksi Pevoli Porprov

AA Bagus Kusimantara

MANGUPURA, PERSPECTIVESNEWS – Pengkab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Badung mulai melakukan seleksi untuk pembentukan tim yang akan berlaga di Porprov Bali 2022. Ratusan pemain dari dua kategori yakni indoor putra-putri dan outdoor (pasir) putra-putri telah dikantongi setelah membuka pendaftaran beberapa waktu lalu.

Proses seleksinya selama empat hari dan bertahap. Dimulai besok (Senin-hari ini) untuk indoor putra, kemudian dilanjutkan indoor putri di hari ketiga,” ucap Ketua Pengkab PBVSI Badung, AA Bagus Kusimantara, Minggu (30/5/2021).

Ia melanjutkan, untuk seleksi pevoli outdoor putra dan putri digabung dalam satu hari atau hari terakhir. Untuk indoor di GOR Purna Krida, sedangkan outdoor di Pantai Munggu.

Kata Kusimantara, sebenarnya seleksi itu rencana digelar mulai Minggu kemarin, namun karena GOR Purna Krida sedang dipakai, makanya diundur ke hari Senin ini. Untuk jumlah peserta diakui membludak, terutama di indoor putra. Bahkan, seleksi nantinya mencapai dua hari.

“Di indoor putra ada 200 orang lebih yang mendaftar. Jadi dalam satu hari kami ambil sekitar 100 orang saja. Mulai seleksi pukul 07.30 Wita sampai pukul 13.00 Wita. Kalau di outdoor sore hari mulai pukul 16.00 Wita. Tapi tetap prosesnya menerapkan prokes yang ketat dengan waktu seleksi yang terjadwal,” tegas Kusimantara.

Adapun syarat pemain yang boleh mengikuti seleksi ini yakni maksimal kelahiran 1 Januari 1999. Mengenai sistem seleksi ini sendiri diakui pihaknya baru pertama kali dilakukan. Begitu juga membuka seleksi secara umum, dimana calon pemain mengisi data diri mereka lewat google form. Artinya, bukan hanya khusus bagi atlet dari Badung saja yang dipersilahkan, namun berlaku untuk seluruh Bali.

 “Tapi, dengan catatan pemain yang bersangkutan yang sudah ber-KTA kabupaten atau kota, agar melengkapi surat pernyataan diri mengikuti seleksi di PBVSI Badung dan murni keinginan pribadi masing-masing,” ujarnya.

Surat pernyataan itu sangat penting sebagai syarat, agar PBVSI Badung tidak dinilai memanggil atlet bersangkutan dan tidak ingin ada kesan memonopoli semua atlet voli di Bali. Selain itu, PBVSI Badung juga ingin menerapkan keterbukaan dalam proses pemantauan pemain dan sama sekali tak ingin menutup-nutupi.

Dari ratusan orang itu, lanjut Kusimantara masih didominasi dari Badung. Sementara beberapa diantaranya ada yang dari Klungkung, Tabanan maupun Gianyar. “Hasil seleksi nanti akan dicari 20 orang masing-masing kategori di indoor. Kemudian maksimal 12 orang atau masing-masing 6 orang di outdoor,” tandasnya. (yus)