Ny Putri Koster Gaungkan Upaya Pelestarian Kain Endek

Lomba Busana Kain Endek dan Tenun Tradisional Bali yang diselenggarakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam rangkat perayaan HUT ke-59 BPD Bali di Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar (29/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, mengajak seluruh elemen masyarakat Bali untuk menjaga kelestarian Kain Endek sehingga bisa tetap eksis.

Hal tersebut dikatakannya saat menghadiri dan membuka ‘Lomba Busana Kain Endek dan Tenun Tradisional Bali’ yang diselenggarakan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali dalam rangkat perayaan HUT ke-59 BPD Bali di Gedung Ksirarnawa, Art Centre, Denpasar (29/5/2021).

Menurutnya Kain Endek sudah terancam punah. “Kalau bukan kita bersama-sama yang melestarikannya, siapa lagi. Bersama-sama kita bisa, meraih tujuan pelestarian kain tradisional kita,” katanya.

Ny Putri Suastini Koster pun menyampaikan apresiasi terhadap gelaran yang diselenggrakan BPD Bali, sebagai satu bentuk dukungan upaya pelestarian kain tradisional Bali.

Direktur Utama (Dirut) Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, menyebutkan gelaran acara tersebut sebagai satu upaya mendukung kebijakan yang dilaksanakan Pemprov Bali yakni Pergub Nomor 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk-Produk Pertanian, Perikanan, dan Industri Lokal khususnya IKM. (ari)