Ny Putri Koster Gencar Sosialisasikan Program Sampah Berbasis Sumber

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, gencar dalam menyosialisasikan program pengelolaan sampah berbasis sumber dalam webinar ‘Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber’ mendukung gerakan ‘AKU HATINYA PKK’ dan pencegahan stunting tahun 2021 secara virtual, di Jayasabha-Denpasar, Jumat (28/5/2021).

“Mari kita selaku kader PKK berperan serta mendukung program pengelolaan sampah berbasis sumber, sehingga sampah akan terpilah sejak awal yang nantinya saat dilakukan pengangkutan akan lebih mudah,” tegas Ny Putri Koster.

Suastini juga mengajak para TP PKK kabupaten/kota se-Bali untuk menjadi garda terdepan dalam program ini.

Perbekel Desa Taro, I Wayan Warka, yang merupakan narasumber webinar tersebut mengatakan desanya sudah berhasil menerapkan pengelolaan sampah berbasis sumber yang diperkuat 3R (Reuse (menggunakan kembali), Reduce (mengurangi), dan Recycle (mendaur ulang).

Ditambahkannya, untuk tata tertib dan menanamkan kedisiplinan warga desa, pengangkutan sampah di Desa Taro hanya dilakukan dari jam 07.00 Wita hingga 12.00 Wita, dan telah disiapkan karung sesuai dengan jenis sampahnya.

“Diperlukan kerja sama semua pihak untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas dari sampah, terutama sampah berbahan plastik,” tutup Wayan Warka.