Soal Sampah, Ny Putri Koster Ajak Komponen Masyarakat Bersinergi

Ny Putri Suastini Koster saat hadir dalam acara dialog interaktif di RRI Pro 1 Singaraja, Buleleng, Senin (24/5/2021)

BULELENG, PERSPECTIVESNEWS – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, mengajak seluruh komponen masyarakat, terutama kepala desa, lurah, dan bendesa adat untuk bersinergi demi percepatan penerapan peraturan yang dibuat pemerintah provinsi. Hal itu diucapnya dalam acara dialog interaktif di RRI Pro 1 Singaraja, Buleleng, Senin (24/5/2021).

“Lewat Pergub No. 47 Tahun 2019, kita ingin segenap perangkat, komponen masyarakat bersinergi membuat sistem pengelolaan sampah. Kita harus percepat karena kita dalam kondisi darurat sampah,” katanya.

Ia menyebutkan sistem dan pola pengelolaan sampah yang salah akan berpotensi menghadirkan musibah bagi generasi selanjutnya.

“TPA Suwung jadi salah satu contoh penanganan yang salah karena lama-kelamaan sampah akan menumpuk seperti bom waktu,” tambahnya.

Diterapkannya Pergub No. 47 tahun 2019, menurut Ny Putri Koster, diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran akan tanggung jawab atas sampah yang dihasilkan.

Seperti diketahui, Gubernur Wayan Koster saat ini sedang gencar untuk memantapkan pengimplementasian pengelolaan sampah berbasis sumber di desa/kelurahan dan desa adat yang sebelumnya telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.   (ari)