Ny Putri Koster Ajak Masyarakat Sadar Soal Sampah

Ny Putri Suastini Koster saat hadir dalam dialog interaktif PKK bertema 'Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber' di salah satu radio swasta di Singaraja, Buleleng, Senin (24/5/2021)

BULELENG, PERSPECTIVESNEWS – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Suastini Koster, mengajak masyarakat membangkitkan kesadaran terkait masalah sampah yang masih menjadi momok bagi Pulau Bali. Hal tersebut terungkap saat dirinya hadir dalam dialog interaktif PKK bertema ‘Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber’ di salah satu radio swasta di Singaraja, Buleleng, Senin (24/5/2021).

“Sampah kalau tidak diolah, maka akan jadi musibah. Keberadaan TPA Suwung pun bukan solusi, karena sampah hanya dipindahkan dan lama-lama akan jadi bom waktu,” demikian dikatakan Ny Putri Koster

Dirinya membeberkan bahwa jika pengolahan sampah berbasis sumber yang tertuang dalam Pergub Provinsi Bali No. 47 Tahun 2019 dikebut mulai dari sekarang, maka problem sampah akan terselesaikan.

Dikatakannya, dikeluarkan juga Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 dan Instruksi Gubernur Nomor 8324 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di desa/kelurahan dan desa adat yang secara rinci berisi pengaturan warga, dengan membatasi perilaku yang menghasilkan banyak sampah, mewajibkan warga melakukan pemilahan sampah di rumah tangga, melarang warga membuang sampah ke desa dan desa adat lain, melarang warga membuang sampah tidak pada tempatnya, membatasi penggunaan bahan plastik sekali pakai sesuai, serta melarang warga membuang sampah di danau, mata air, sungai, dan laut.

Dikatakan Ny Putri Koster, kini tanggung jawab terletak pada tiap kepala desa, lurah, dan bendesa yang harus bersinergi untuk membuat sistem dan cara pengolahannya.

“Sampah jangan dipindah tapi diolah, bila perlu dienyahkan. Mulai dari ‘Desaku Bersih Tanpa Mengotori Desa Lain’,” tutupnya.   (ari)