Revolusi Industri Pariwisata, Wagub Cok Ace Minta Persatuan Insinyur Bali Implementasikan Kearifan Lokal

Pelantikan Ketua Pengurus Wilayah Bali dan Ketua Pengurus Cabang Bali Periode 2021-2024 dan Pelaksaan Musyawarah Wilayah III Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Provinsi Bali, di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Sabtu (22/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Dalam rangka menghadapi revolusi industri pariwisata, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) minta persatuan Insinyur di Bali semakin gesit dalam mengimplementasikan kearifan lokal.

Hal itu disampaikannya dalam pelantikan Ketua Pengurus Wilayah Bali dan Ketua Pengurus Cabang Bali Periode 2021-2024 dan Pelaksaan Musyawarah Wilayah III Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Provinsi Bali, di Gedung Wiswasabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Sabtu (22/5/2021).

Menurutnya Bali membutuhkan konsep pembangunan infrastruktur yang komprehensif bagi mobilitas dan utilitas kegiatan pariwisata dengan tetap konsisten mengedepankan dan memperhatikan aturan serta kearifan lokal yang ada.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada saudara-saudara para Insinyur di Bali agar mengimplementasikan kearifan lokal kita, seperti : Tri Hita Karana, Asta Kosala-kosali, Asta Bhumi, dan lain-lainnya,” imbaunya.

Ia menambahkan bahwa karya-karya handal para Insinyur merupakan salah satu elemen tolok ukur identitas budaya suatu daerah, tidak terkecuali di Bali.

Dalam acara tersebut juga terdapat talkshow bertema “Kebangkitan Profesi Insinyur di Indonesia” dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain Kepala Dinas PUPR Provinsi Bali, Wakil Rektor I UNUD, Ketua PII Bali, dan Ketua PII Pusat.

Sementara Ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Pusat, Heru Dewanto, menyampaikan selamat atas kepengurusan PII Wilayah dan Cabang Provinsi Bali periode 2021-2024, ia berharap kepengurusan tersebut dapat memberikan spirit baru bagi keberlangsungan organisasi PII di Bali serta memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan Bali.

Heru Dewanto juga berharap profesi insinyur dapat lebih memantapkan kontribusi dalam pembangunan di Indonesia.   (hum)