Prestasi Membanggakan, Kota Blitar Kembali Raih WTP 11 Tahun Berturut-Turut

Walikota Blitar Drs. Santoso, M.Pd menerima plakat prestasi WTP yang diserahkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Kota Blitar kembali mengukir prestasi membanggakan dengan menyabet predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kembali diperoleh secara berturut-turut dalam 11 tahun terakhir.

Capaian kinerja pemerintahan daerah tersebut diungkapkan dalam agenda penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Kinerja Perangkat Daerah (LKPD) tahun 2020 Kota Blitar.

Predikat opini WTP kepada Pemerintah Kota Blitar kembali didapatkan setelah dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK Jawa Timur di Kota Blitar pada Maret-April 2021 menunjukkan kinerja yang positif dalam pengelolaan keuangan daerah.

Walikota Blitar Drs. Santoso, M.Pd hadir secara langsung untuk menerima plakat prestasi WTP yang diserahkan Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Timur Joko Agus Setyono, bertempat di Kantor BPK Jawa Timur, Sidoarjo, Jumat (21/5/2021).

Didampingi Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim dan Pjs. Kepala Inspektorat Kota Blitar Drs. Sunyoto, Walikota Blitar Drs. Santoso mengungkapkan rasa syukur serta terima kasih kepada segenap pihak yang telah mendukung kinerja Pemerintah Kota Blitar sehingga kembali mendapat kepercayaan meraih opini WTP dalam audit LKPD Tahun Anggaran 2020.

Diungkapkan oleh Walikota Blitar, peringkat WTP yang didapat oleh Kota Blitar selama 11 tahun berturut-turut adalah bukti nyata hasil kerja terpadu Pemerintah Kota Blitar untuk mewujudkan pemerintahan  yang bersih, transparan dan berintegritas.

“Prestasi opini WTP yang kembali diraih tahun ini merupakan kebanggaan bagi seluruh warga Kota Blitar karena dari tahun ke tahun, telah membuktikan kinerja pemerintah Kota Blitar yang berkomitmen untuk terus  menyelenggarakan pemerintahan yang lebih maju dan sejahtera untuk seluruh warga Kota Blitar,” jelas Drs. Santoso dalam keterangannya.

Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim yang turut mendampingi Walikota Blitar mengungkapkan, predikat WTP yang kembali diraih Kota Blitar merupakan prestasi yang membuktikan keberhasilan Pemerintah Kota Blitar dalam membangun sinergi yang kuat antar organisasi perangkat daerah.

“Kami harapkan ke depannya, dengan kembali dicapainya predikat WTP untuk Kota Blitar yang ke-11 kalinya ini akan menjadi pemacu semangat untuk terus mempertahankan kinerja yang sudah baik ini untuk kemajuan Kota Blitar yang lebih baik lagi, bersama dengan kami di legislatif yang turut bekerja memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Blitar,” tukas dr. Syahrul Alim dalam keterangannya.

Dalam hasil audit LKPD TA 2020, Kota Blitar turut serta beberapa daerah lain yang memperoleh predikat WTP diantaranya Kabupaten Lumajang, Probolinggo dan Kabupaten Blitar yang baru memperoleh predikat WTP untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2018.   (the)