Ny. Putri Koster Bagi Jurus Jitu Penanganan Sampah

Ny. Putri Koster saat hadir dalam acara Dialog Khusus “Lingkungan Bersih, Keluarga Bahagia dan Sejahtera’ di salah satu televisi swasta di Bali, Jumat (21/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny. Putri Suastini Koster, berbagi jurus jitu cara menangani sampah yakni dengan penanganan sampah berbasis sumber.

Hal itu terucap saat ia hadir dalam acara Dialog Khusus “Lingkungan Bersih, Keluarga Bahagia dan Sejahtera’ di salah satu televisi swasta di Bali, Jumat (21/5/2021).

Jurus jitu yang dimaksud tersebut yaitu jangan memindahkan sampah ke tempat lain dan jangan memproduksi banyak sampah.

Ny. Putri Koster mengajak masyarakat meninggalkan pola lama yang hanya berorientasi lingkungan bersih, tapi sampahnya dipindah ke wilayah lain. Menurutnya masyarakat juga harus berusaha untuk mengurangi produksi sampah.

Ia menambahkan dalam merealisasikan kedua jurus tersebut telah dikelarkan dua regulasi pendukung yaitu Pergub Nomor 97 Tahun 2018 Tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai dan Keputusan Gubernur Nomor 381/03-P/HK/2021 tentang Pedoman Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber di Desa/Kelurahan dan Desa Adat.

Sambungnya lagi, kepala desa, lurah, dan bendesa adat adalah ujung tombak dalam pengelolaan sampah berbasis sumber.

Ny. Putri Koster berharap tahun ini seluruh kepala desa di Bali sudah punya pola pengelolaan sampah berbasis sumber.

“Saya kira semua desa bisa melaksanakan, tentunya dengan dukungan sistem yang tepat agar tak menimbulkan persoalan baru seperti bau,” imbuhnya.

Untuk menyukseskan kebijakan ini, ia mengajak jajaran TP PKK mulai dari tingkat provinsi hingga desa mengambil peran aktif.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengajak TP PKK di setiap jenjang lebih intens melakukan edukasi dan sosialisasi terkait program pengelolaan sampah ini.   (ari)