Kornelis Dikirim PP Pertina ke Kejuaraan Asia di Dubai

Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (purn) Komaruddin Simanjuntak berpose dengan Kornelis dan Huswatun di damping manajer dan pelatihnya. (FOTO: ist)

JAKARTA, PERSPECTIVESNEWS – Petinju andalan Bali di PON XX/2021 Papua dan andalan Indonesia di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, Kornelis Kwangu Langu dikirim PP Pertina ke Kejuaraan Asia di Dubai, Uni Emirat Arab, 21-31 Mei 2021.

Di kejuaraan bertajuk ASBC Elite Men and Women Boxing Championships itu, selain Kornelis yang bakal turun di kelas 49kg putra, PP Pertina juga mengutus Huswatun Hasanah (60kg) putri.

Mereka didampingi pelatih Darman Hutauruk dan manajer tim H. Djasman Abubakar, yang secara resmi dilepas Ketua Umum PP Pertina Mayjen TNI (purn) Komaruddin Simanjuntak di Hotel Century, Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Mereka bertolak dari Jakarta pada Jumat (21/5/2021) dini hari dengan pesawat Emirates.

Kejuaraan Asia ini, menurut Manajer Tim Djasman sebenarnya akan digelar di India. Tapi mengingat negeri Bollywood itu diterjang tsunami Covid-19, dialihkan ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Keikutsertaan dua petinju Indonesia di level Asia ini sangat penting. Bukan hanya menambah jam terbang, tapi juga eksistensi Pertina kepengurusan Komaruddin Simanjuntak yang baru berjalan enam bulan.

“Di kepala saya hanya ada pemikiran bangkitkan Pertina ke depan. Kejuaraan ini momen bagus untuk petinju kita.Tampilkan yang terbaik demi Merah Putih,” kata Komaruddin Simanjuntak kepada para atlet dan pengurus Pusat Pertina.

“Pertina harus bangkit. Harus maju. Atlet harus banyak frekuensi  bertanding. Praktis naluri bertinju akan tajam. Sesuai dengan misi visi kepengurusan saya,” tandas mantan Pangdam IX/Udayana itu.

Ditegaskan, pemilihan kedua atlet sudah digodok dua bulan. Tentu sudah melalui seleksi yang ketat oleh pelatih dari Pelatnas Tim Merah  di Batam dan Tim Putih yang bermarkas di Banten.

“Saya banyak mendapat masukan mengenai perkembangan Pelatnas di Batam maupun Banten. Mereka adalah atlet terbaik yang kita miliki. Tim Merah maupun Putih sangat membanggakan,” tuturnya.

Mengenai kedua petinju yang berangkat ke Kejuaraan ini dikatakan adalah keputusannya. Tentu dia mengakui setelah mempelajari segala laporan dan perkembangan kedua petinju selama dua bulan terakhir.

“Kalian berangkat bukan untuk jalan-jalan, tapi membawa bendera Merah Putih. Petinju harus berpikir saya menang. Itu filosofinya,” pesan Komaruddin yang sontak dijawab siap oleh Huswatun dan Kornelis.

Komarudin lebih lanjut meminta para petinju menjaga nama baik Pertina dan total dalam bertanding.

“Kenali dirimu, kenali musuhmu. Kalian bukan terpilih tiba-tiba, kalian sudah disiapkan. Ini ujian pertama try out. Hormat sama pelatih dan manajer, ikuti arahannya. Selamat berjuang,” tuturnya. (zil)