Denpasar Jadi Kota Peluncuran Literasi Digital Nasional

Ppeluncuran program IMCD secara daring di Hotel Aston, Denpasar yang dihadiri oleh Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya yang mewakili Wali Kota Denpasar, Kamis (20/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program terbaru untuk literasi digital bernama Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2021, Kamis (20/5/2021). Kota Denpasar menjadi salah satu kota sebagai tempat peluncuran literasi digital secara nasional.

Peluncuran IMCD dilakukan di Istora Senayan, Jakarta dan turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Menkominfo Johnny G. Plate, Mendagri Tito Karnavian, dan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

Sementara peluncuran IMCD juga dilakukan secara daring di Hotel Aston, Denpasar yang dihadiri oleh Pj. Sekda Kota Denpasar, I Made Toya yang mewakili Wali Kota Denpasar didampingi Kadis Komunikasi Informatika dan Statistik, I Dewa Made Agung.

Dalam peresmian IMCD tersebut Kominfo menargetkan sebanyak 12,4 juta warga Indonesia untuk makin cakap digital pada tahun 2021. Menkominfo Johnny G. Plate menegaskan hal itu sebagai upaya untuk mengimbangi pembangunan infrastruktur digital guna mempercepat transformasi digital di Indonesia.

Johnny G. Plate mengharapkan komponen bangsa dapat memperkuat kolaborasi untuk terus mendorong digitalisasi nasional terutama di empat sektor prioritas; infrastruktur digital, masyarakat digital, ekonomi digital, dan pemerintahan digital.

Program ini dikerjakan secara kolaboratif bersama 34 Pemerintah Provinsi dan 514 Pemerintah Kabupaten/Kota bersama dengan Project Implementation Unit (PIU) di Kementerian Kominfo.

Menkominfo menegaskan program ini bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat terkait penggunaan internet secara positif, produktif, sehat, dan aman.

Sementara Pj. Sekda Made Toya menyampaikan Pemkot Denpasar sangat mendukung program IMCD ini.

Ia juga berterima kasih kepada Menkominfo yang telah memilih Denpasar sebagai salah satu kota di Indonesia dalam peluncuran Literasi Digital Nasional.

“Semoga program ini mampu membawa harapan besar dalam kebutuhan masyarakat pada literasi digital. Selamat atas peluncuran program literasi digital nasional sangat penting kita pelajari dalam memiliki kompetensi digital,” ucapnya.   (hum)