KONI Bali Bantu Pendanaan kepada Cabor yang Akan Menggelar Try In

Ketut Suwandi

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Cabang olahraga yang atletnya lolos PON XX/2021 Papua dipersilakan menggelar try in dengan mendatangkan atlet-atlet PON dari provinsi lain bertanding di Bali. KONI Bali akan membantu pendanaannya.

Selain untuk menghidupkan kegiatan sport tourism, try in yang sejatinya merupakan ajang pemanasan bagi atlet PON sebelum berlaga di Papua, juga dimaksudkan untuk mengukur sejauhmana kesiapan Bali berlaga di multievent empat tahunan tersebut.

“Mengukur kesiapan atlet Bali bisa dilakukan dengan try in maupun try out. Tetapi untuk try out diputuskan tidak ada, sehingga hanya try in saja dengan mendatangkan atlet PON dari daerah lain ke Bali,” ucap Ketua Umum KONI Bali, Ketut Suwandi di KONI Bali, Rabu (19/5/2021).

Suwandi melanjutkan, KONI Bali akan memberikan anggaran atau biaya untuk penyelenggaraan try  in di Bali nantinya. Menurut dia, try in tidak kalah kualitas dibanding try out asalkan yang diundang dan datang ke Bali adalah atlet-atlet PON dari provinsi lain.

Dikatakan Suwandi, pertimbangan atas keputusan tidak boleh try out dan harus try ini, karena masalah anggaran yang lebih besar jika try out serta untuk mencegah Covid-19. Selain itu juga untuk menghemat waktu dan tenaga.

“Kalau try in kan lebih mudah dan tim PON daerah lainnya yang datang ke Bali kan sudah dilakukan tes antigen atau PCR, sehingga akan lebih aman. Dari sisi anggaran akan lebih berhemat pastinya jika try in dibandingkan try out,” tegas mantan Ketua Umum KONI Badung itu.

Lantas bagaimana dengan adanya cabor yang melakukan try out ke Jakarta atau provinsi lainnya luar Bali? Suwandi menjelaskan jika semua itu dilakukan oleh cabor itu sendiri yang pastinya soal anggaran ditanggung cabor yang bersangkutan.

“Intinya semuanya itu juga terkait dengan waktu mulai sekarang sampai gelaran PON hanya tinggal 3 bulan saja apalagi ada cabor yang sudah pasti bertanding lebih dulu seperti cricket. Jadi saya minta cabor untuk tetap fokus mempersiapkan diri dengan bagus di Bali saja,” tutup Suwandi seraya menambahkan KONI Bali telah membentuk pantia PON guna mempersiapkan segalanya terkait persiapan, berangkat ke Papua dan kembali lagi ke Bali. (yus)