Angka Kesembuhan Lebih Banyak, Bali Kembali ke Zona Oranye

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Provinsi Bali kembali berada di zona oranye atau risiko sedang penularan Covid-19 setelah dalam sepekan jumlah pasien sembuh lebih banyak dibandingkan terkonfirmasi positif.

“Rata-rata kasus dalam seminggu yakni mulai tanggal 11 Mei hingga 18 Mei 2021 di kabupaten dan kota seluruh Bali menunjukan kesembuhan lebih tinggi dari kasus positif. Termasuk Kabupaten Tabanan yang seminggu lalu berada di zona merah, kini menjadi oranye,” ucap Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Bali, Made Rentin, Rabu (19/5/2021).

Rentin yang juga Kepala Pelaksana Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali mengatakan, zona oranye merupakan zona dengan tingkat penularan Covid-19 risiko sedang.

 Dengan berada di zona oranye, kata Rentin, merupakan hal positif karena Bali sedang mempersiapkan diri untuk membuka penerbangan internasional pada bulan Juli 2021 mendatang.

“Boleh senang dan bangga karena berada di zona oranye, tapi jangan euforia berlebihan, tetap waspada jangan abai dan lalai, disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, kita harus berkaca dari melonjaknya kasus di India, karena ada pelonggaran saat melihat grafik kasus yang menurun,” ujarnya.

Rentin mengimbau kepada seluruh masyarakat, kendatipun sudah mendapatkan vaksin bukan berarti kebal dari paparan virus corona.  Alangkah baiknya divaksin tapi tetap diimbangi dengan penerapan protokol kesehatan.

“Mari bersama berkomitmen menuju ke tatanan kehidupan baru masyarakat produktif tapi aman terhadap Covid-19. Artinya di tengah belum adanya kepastian kapan Covid-19 ini akan berakhir, tuntutan pemenuhan kebutuhan hidup sangat mendesak maka prokes menjadi kata kuncinya,” demikian Made Rentin. (red)