Jangan Langsung Buang, Minyak Jelantah Kini Bisa Dijual

Audiensi yang berlangsung di Kantor Wali Kota Denpasar, Selasa (18/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Minyak jelantah atau minyak goreng bekas pakai kini memiliki nilai ekonomis. Perusahaan bidang lingkungan, Sinar Bumi Menghijau, mengaku siap membeli minyak jelantah dengan harga Rp 5.000 per liter.

Hal ini disampaikan Rai Bagus Mahaputra selaku pemilik Sinar Bumi Menghijau, saat audiensi dengan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, di Kantor Wali Kota Denpasar, Selasa (18/5/2021).

“Kini masyarakat bisa menampungnya karena kami siap membelinya seharga Rp 5 ribu per kg (liter) untuk diolah menjadi bahan bakar biodiesel,” ungkap Bagus Mahaputra.

Katanya, minyak jelantah yang dibeli tersebut kemudian dikirim ke Surabaya untuk diolah menjadi biodiesel, setelah itu akan diekspor ke negara-negara Eropa.

Untuk itu pihaknya memohon bantuan Pemerintah Kota Denpasar untuk ikut serta menyosialisasikan kepada masyarakat dan industri penghasil minyak jelantah untuk mengumpulkan di setiap desa/kelurahan.

Pihaknya juga menyediakan tabungan untuk minyak jelantah serupa dengan bank sampah yang telah berjalan di Denpasar. Wawali Arya Wibawa mengaku mengapresiasi program ini.

Pemkot Denpasar akan mengajak masyarakat dan pelaku industri untuk menjual minyak jelantah dengan sistem dikumpulkan terlebih dahulu di setiap banjar dan desa/kelurahan. (hum)