Piodalan Pura Mandara Giri, Wagub Cok Ace Ingatkan Disiplin Prokes Saat Ngayah

Wagub Cok Ace saat memimpin rapat koordinasi persiapan piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung, di Ruang Rapat Praja Sabha, Selasa (11/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), bersama sejumlah Bupati dan Walikota se-Bali mengambil langkah untuk tetap melaksanakan karya nganyarin secara bergilir masing-masing Kabupaten dan Kota se-Bali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Hal ini disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi persiapan piodalan Pura Mandara Giri Semeru Agung, di Ruang Rapat Praja Sabha, Selasa (11/5/2021).

Karya pujawali krama tahun 2021 di Pura Mandara Giri Semeru Agung akan dilaksanakan mengacu pada karya panca walikrama yang terakhir dilaksanakan pada 2014 silam. Pada karya pujawali tahun ini berbeda mengingat penyebaran Covid-19 masih terjadi.

“Untuk menghindari penularan Covid-19 klaster upacara, saya minta masing-masing Kabupaten dan Kota se-Bali melakukan keberangkatan silih berganti saat melaksanakan giliran nganyarin, karena piodalan yang berlangsung selama satu setengah bulan ini memberikan kesempatan bagi pemedek untuk nangkil tanpa harus berbondong-bondong,” tegas Wagub Cok Ace.

Ia menambahkan sekalipun Kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur termasuk zona hijau, namun jangan sampai pelaksanaan piodalan menyebabkan munculnya klaster baru.

Kemudian upacara melasti akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni, Mapepade dilaksanakan pada tanggal 23 Juni, dan puncaknya jatuh pada tanggal 24 Juni, namun rentetan persiapan sudah dimulai 26 Mei mendatang dengan prosesi matur piuning.

Dengan terlibatnya para bakta saat upacara penganyar dari masing-masing kabupaten/kota se-Bali diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.   (ari)