Wagub Cok Ace Sambut Baik Partisipasi Unud Mengedukasi Warga terkait Covid-19

Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) saat menerima audiensi rombongan FK Unud dipimpin Dekan Prof Dr dr I Ketut Suyasa (kiri)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengapresiasi peran Unud dalam upaya penanggulangan Covid-19 di Bali.

Hal itu disampaikan Wagub Cok Ace saat menerima audiensi rombongan Fakultas Kedokteran Unud dipimpin Dekan Prof Dr dr I Ketut Suyasa di ruang kerja Wakil Gubernur Bali, Senin (10/5/2021).

“Peran serta semua komponen tanpa terkecuali masyarakat dan akademisi sangat kita butuhkan dalam menyetop penyebaran virus ini di Bali,” jelas Wagub Cok Ace yang didampingi Kalaksa BPBD I Made Rentin serta Kepala Dinas Kesehatan Prov Bali dr. Ketut Suarjaya.

Apalagi FK Unud berencana menerjunkan tim terdiri dari mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat tentang langkah-langkah penyebaran virus ini.

“Seperti selama ini, pemerintah tengah gencar mengingatkan warga tentang pentingnya implementasi 5M untuk mencegah penyebaran. Bahkan saat ini pemerintah juga sudah mengimbau untuk jangan mudik agar penyebaran Covid-19 bisa terkendali,” imbuhnya.

Tokoh Puri Ubud ini juga berharap Unud bisa meneliti serta menyuguhkan data pasti terkait bagaimana penyebaran virus ini sebenarnya sekaligus menyusun langkah preventif selain yang sudah dikeluarkan pemerintah selama ini.

“Hal ini sangat penting untuk menjawab berbagai pertanyaan masyarakat akan berita simpang siur menyangkut penyebaran virus ini,” ucapnya.

Ia melanjutkan, pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini telah melumpuhkan perekonomian di Bali. Untuk itu, langkah-langkah konkrit bersama sangat dibutuhkan untuk bisa segera memulihkan perekonomian Bali.

“Selain itu, jika kita berhasil menekan laju penyebaran virus ini, maka kita juga berhasil menjaga citra Bali. Sehingga, pembukaan Bali untuk wisatawan mancanegara bisa segera dilakukan,” pungkasnya.

Dekan FK Unud I Ketut Suyasa melaporkan jika pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19. (ari)