Ny. Sagung Antari Jaya Negara Apresiasi Usulan PBI Berkebaya Tiap Selasa

Ketua Bidang Kegiatan PBI Provinsi Bali, Anak Agung Mirah Maheswari, saat audensi dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, di Gedung Santi Graha, Senin (20/5/2021)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) Provinsi Bali mengusulkan ke Pemerintah Pusat agar setiap Selasa semua perempuan Indonesia mengenakan kebaya. Hal ini disampaikan Ketua Bidang Kegiatan PBI Provinsi Bali, Anak Agung Mirah Maheswari, saat audensi dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, di Gedung Santi Graha, Senin (20/5/2021).

Ny. Sagung Antari memberikan apresiasi terhadap program berkebaya ini karena dapat membantu upaya pelestarian kebudayaan serta memperkenalkan warisan budaya Indonesia.

Bahkan, sambungnya, berpakaian adat tidak hanya dilakukan oleh kaum perempuan, namun bapak Wali Kota Denpasar dan Wawali Denpasar sering kali menggunakan pakaian adat dalam berbagai kegiatan.

Lebih lanjut Ny. Sagung Antari menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Denpasar sejak lama menerapkan penggunaan pakaian adat sebagai salah satu busana ke kantor yaitu setiap Rabu, hari nasional, hari Purnama, dan juga Tilem.

Ditambah lagi dengan Pergub Bali yang mewajibkan pemakaian pakaian adat setiap hari Kamis.

Ketua Bidang Kegiatan PBI Bali, Anak Agung Mirah Maheswari, menyampaikan DKI Jakarta sudah lebih dulu menerapkan pemakaian kebaya tiap Selasa.

Oleh karena itu pihaknya berharap hal serupa bisa diterapkan di Denpasar.

“Untuk mewujudkan hal ini kami memohon dukungan Pemerintah Kota Denpasar khususnya Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar untuk mendukung sosialisasi kepada masyarakat khususnya ibu-ibu PKK, dan anggota organisasi perempuan yang ada di Kota Denpasar,” ungkap Agung Mirah.

Menurutnya, dengan menggunakan kebaya secara tidak langsung memperlihatkan jati diri sebagai perempuan Indonesia.   (hum)