Buka Mukerkab PMI Jembrana, Wabup Patriana Ajak Sinergi Tangani Covid-19

Foto bersama usai pembukaan Mukerkab PMI Jembrana.

JEMBRANA, PERSPECTIVESNEWS– Wakil Bupati Jembrana, I Gede Ngurah Patriana Krisna mengajak semua pihak bersinergi dalam menangani Covid-19.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri dan membuka Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Klungkung Tahun 2021 di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Kecamatan Jembrana, Senin, (10/5/2021).

Turut hadir anggota DPRD Komisi III Kabupaten Jembrana, Ketua Pengurus PMI Propinsi Bali Alit Putra, sejumlah OPD terkait di lingkup Pemkab Jembrana, serta anggota PMI Kabupaten Jembrana.

Panitia Pelaksana I Wayan Mulyanto dalam laporannya menyampaikan, maksud diselenggarakannya Mukerkab PMI Kabupaten Jembrana tahun 2021 adalah untuk menguraikan kegiatan – kegiatan PMI yang dituangkan dalam program kerja PMI tahun 2021 sesuai dengan pokok – pokok kebijakan dan strategis PMI.

“Tujuan dilaksanakannya Mukerkab tahun 2021 ini adalah untuk memperjelas dan mempertegas arah organisasi sesuai dengan prioritas tujuan yang akan dicapai melalui pengembangan kegiatan – kegiatan kepalangmerahan, penerapan kaedah – kaedah manajemen sebuah organisasi PMI sesuai dengan visi dan misi yang diemban, serta sebagai pedoman bagi pengurus dalam rangka pelaksanaan program dan pengambilan kebijakan organisasi,” ujarnya.

Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali Alit Putra mengatakan, pihaknya berharap agar program yang disusun terdapat adanya sinergitas program antara PMI Propinsi dan PMI Kabupaten Jembrana. “Dengan sinergitas tersebut diharapkan pelaksanaan program – program PMI dapat dilaksanakan lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran serta sesuai dengan kebutuhan.

Berbicara mengenai organisasi PMI, tentu tidak lepas dengan keberadaan Unit Donor Darah (UDD). Untuk kedepannya diharapkan UDD agar dapat terus melaksanakan peningkatan kegiatan donor, peningkatan mutu dan keamanan darah serta memberikan pelayanan darah yang lebih maksimal kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna mengatakan, sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang besar dan diakui dunia ia berharap kepada semua pihak yang terlibat di PMI agar selalu bekerja sama sehingga program – program yang disusun melalui musyawarah dapat berjalan dengan baik, efektif dan efisien.

“Satu hal yang juga perlu diperhatikan adalah kemampuan dari internal PMI itu sendiri dalam melibatkan instansi terkait di Kabupaten Jembrana dalam turut mendukung program PMI ini,” kata Patriana.

Ia katakan demikian, karena dalam suasana pandemi Covid-19, peranan PMI sangat dibutuhkan untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemi maupun bencana alam yang terjadi.

Dalam menjalankan tugas, PMI Kabupaten Jembrana hendaknya selalu berpedoman pada aturan – aturan yang ada serta komitmen yang tinggi didasari hati yang tulus ikhlas sehingga tidak menemui kendala yang akan menghambat pelaksanaan tugas.

“Tantangan ke depan, PMI dituntut untuk terus meningkatkan kapasitasnya baik di bidang organisasi, manajemen, SDM dan sarana – prasarana menuju kondisi yang memadai. Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Jembrana akan selalu berupaya mendukung program – program PMI Kabupaten Jembrana,” imbuhnya.   (yogi/utu)