Lecehkan Protokol Kesehatan di Bali, WN Rusia Dideportasi

Leia Se saat hendak dieportasi dari Bali ke Rusia. (FOTO: ist)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Masih ingat warga negara Rusia Leia Se yang viral di medsos karena melukis wajahnya bergambar masker untuk mengelabui security supermarket di Kuta, Bali?

Rabu (5/5/2021) Leia Se dideportasi ke negaranya melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menuju Bandara Soekarno Hatta Cengkareng. Dari Soetta ia selanjutnya diterbangkan ke Rusia melalui Dubai Uni Emirat Arab.

Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Kakanwil  Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk kepada wartawan mengatakan, dari hasil pemeriksaan, Leia Se dinyatakan bersalah melanggar Pergub Bali Nomor 10 Tahun 2021.

 “Pendeportasian ini setelah mendapatkan hasil pemeriksaan yang menyatakan bahwa warga Rusia tersebut terbukti melanggar Pergub Bali Nomor 10 Tahun 2021 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru,” ucap Gubernur Koster.

Selain melanggar Pergub, Leia Se juga melanggar Pasal 75 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Pendeportasian, sebut Gubernur Koster, merupakan langkah tegas sekaligus memberitahu kepada warga negara asing yang berkunjung atau berwisata ke Bali agar mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

 “Kami tidak akan pernah memberi toleransi terhadap siapa pun, termasuk warga negara asing yang melanggar protokol kesehatan sebagai pelaksanaan Peraturan Gubernur Nomor 10 Tahun 2021,” katanya.

Sementara Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk menambahkan teman dari WN Rusia tersebut tidak dideportasi.

 “Dari hasil pemeriksaan Satpol PP, tidak ditemukan kesalahan. Karena saat melukis masker di wajah perempuan yang dideportasi ini, teman laki-lakinya tetap pakai masker saat masuk supermarket sehingga tidak perlu dideportasi,” kata Jamaruli. (red)