FPTI Bali Rencanakan Kirim Atlet ke Kejuaraan di Jambi

Kejuaraan panjat tebing yang diadakan Pengprov FPTI Bali di Tabanan, bulan lalu di mana atlet PON Bali kurang menunjukkan performanya sehingga hasilnya kurang memuaskan.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Berkaca dari hasil kejuaraan yang digelar di Tabanan, Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali berencana mengirimkan atlet panjat tebing PON ke kejuaraan Wali Kota Cup Jambi.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika mengatakan, pihaknya menerima pemberitahuan dari Pengprov FPTI Jambi akan ada kejuaraan Wali Kota Cup Jambi pada tanggal 2-3 Juni 2021.

“Kami akan menjajagi terlebih dahulu. Penjajagan ini terkait dengan kualitas para peserta yang ambil bagian dalam kejuaraan itu nantinya,” ucap Putu Yudi Atmika, Rabu (5/5/2021).

Ditemui di Puslatprov Panjat Tebing Bali di Hotel Batukaru 3 Denpasar, Putu Yudi Atmika mengakui kalau kejuaraan tersebut  sebenarnya bagus untuk menjadi ajang try out bagi tim panjat tebing PON Bali sebelum turun di PON XX/2021 Papua Oktober mendatang. Hanya gengsi dan kualitas event masih dijajagi.

“Kami akan menjajagi dulu peserta yang ambil bagian apa merupakan atlet PON dari provinsi lain atau tidak. Kalau ternyata bukan atlet PON yang ambil bagian, ya kami mempertimbangkan tidak ikut,” katanya lagi.

Yudi beralasan kalau provinsi lain tidak mengirim atlet PON ke ajang tersebut, maka akan percuma bagi Bali karena sejatinya tim panjat tebing PON Bali kalau melakukan try out sifatnya mencari lawan yang seimbang atau bahkan di atasnya, agar bisa menjadi tolok ukur latihan tim panjat tebing yang kini sudah enam bulan lebih melakoni Puslatprov.

Disebutkannya kalau tim panjat tebing PON utamanya dari DKI Jakarta, Papua, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur ambil bagian di Wali Kota Cup Jambi, maka Bali kemungkinan besar bakal ambil bagian.

“Kalau mereka tidak ambil bagian ya kami ikut absen untuk menghemat tenaga, waktu dan biaya. Karena itulah kami jajagi dulu,” tambah pria yang berprofesi sebagai ASN di lingkungan Pemkab Badung itu.

Yudi Atmika yang juga Wakil Sekretaris KONI Bali itu bakal menjajagi kualitas peserta dengan menanyakan keikutsertaan tim atlet panjat tebing PON provinsi di daerah Jawa lebih dulu. (zil)