SMP PGRI 3 Denpasar Gelar Spiga Edu Fest 2021

SMP PGRI 3 Denpasar gelar Spiga Edu Fest tahun 2021.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS– Bertajuk Spiga Edu Fest Tahun 2021, SMP PGRI 3 Denpasar menggelar acara peluncuran buku karya siswanya diikuti talkshow bertema “Problematika dan Tantangan Dunia Pendidikan” menindaklanjuti renungan pendidikan yang dituliskan para siswa.

Walikota Denpasar melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kota Denpasar, Drs. A.A. Gede Wiratama, M.Ag mengapresiasi acara yang berlangsung secara online dan offline, Senin (3/5/2021).

Dikatakan, kreatifitas dan inovasi dari SMP PGRI 3 Denpasar merupakan bukti nyata sekolah yang memperbaiki paradigma dunia pendidikan di Kota Denpasar. Atas dukungan tersebut, Dr. I Made Suada, MM, M.Si, Kepala SMP PGRI 3 Denpasar menyampaikan terima kasih kepada Walikota Denpasar.

Rama Gerald Jade, koordinator tim pemajuan sekolah sekaligus pembina yang menggerakkan para siswa tersebut untuk menulis, menuturkan ide merenungkan kondisi pendidikan yang diarahkan kepada siswanya muncul saat 2 hari sebelum Hari Raya Nyepi pada Maret lalu.

“Esensi Nyepi bagi saya pribadi adalah perenungan untuk menyambut tahun yang baru. Saya ajak mereka (para siswa) merenungkan pelaksanaan pendidikan,” ungkap Rama ungkapkan ide yang digagasnya itu.

Menurut Rama, mulai dari persoalan perspektif orang tua terhadap belajar dan rangking hingga ketidakadilan akses dan dukungan pendidikan, mereka soroti dalam buku setebal 94 halaman.

Ruang untuk meningkatkan berpikir kritis serta nalar siswa dituangkan dalam buku yang berjudul “Tinta Merah Pendidikan. Lewat buku, sebanyak 14 siswa Spiga merenungkan praktik buruk yang terjadi di dunia pendidikan di Kota Denpasar hingga nasional.

“Kami menyampaikan tujuan perenungan tersebut untuk menyadarkan pihak di dunia pendidikan guna memperbaiki kondisi pendidikan khususnya di Kota Denpasar. Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) merupakan momen yang tepat untuk meluncurkan buku karya pelajar dari sekolah kami,” lanjut Rama.

Penguatan budaya menulis mulai dari hulu hingga hilir di SMP PGRI 3 Denpasar dilakukan dengan pembentukan komunitas buku “Spiga Mahajana Sanskrit”. Dalam rangkaian Spiga Edu Fest, komunitas tersebut diresmikan dengan penyematan topi kepada ketua komunitas, Ayu Mertasari Pinatih, S.Pd.

Spiga Edu Fest merupakan salah satu terobosan SMP PGRI 3 Denpasar dalam memajukan proses dan pelayanan pendidikan di sekolahnya.    (hum)