PBSI Bali Jadwalkan Uji Coba Tim PON Lawan Jatim

Tim bulutangkis PON Bali. (FOTO: ist)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Untuk melihat sejauh mana hasil TC Desentralisasi terhadap pebulutangkis PON XX, Pengprov PBSI Bali berencana menjajal tim bulutangkis PON Jawa Timur.

Hingga sekarang, tim bulutangkis PON Bali terus ditempa fisik dan tekniknya di GOR Pranita dan GOR Anugerah Denpasar, lima kali seminggu.

Uji coba melawan tim PON Jawa Timur, merupakan langkah besar yang dilakukan PBSI Bali agar di PON Papua Oktober mendatang bisa berbicara banyak di tataran nasional.

Manajer Tim Bulutangkis PON Bali I Gusti Bagus Arya Candra Palasara saat dihubungi Senin (3/5/2021), mengatakan agenda latih tanding lawan tim Jatim itu sudah dirancang, namun konsepnya masih belum ditentukan.

Konsep yang dimaksudkan itu, apakah nantinya mengadakan try in atau try out. Try in yang dimaksud yakni mengundang tim PON Jatim tersebut datang ke Bali, sedangkan try out kebalikannya.

“Apakah kita yang akan ke sana. Tapi melihat situasi dan kondisi dulu. Tapi sementara ini agenda untuk uji coba itu menyasar tim PON Jawa Timur. Kami sudah koordinasikan hal ini,” kata Palasara.

Kenapa harus Jawa Timur? Kata pria yang karib disapa Tugus ini, pertama karena Jawa Timur yang paling dekat. Kedua, dari sisi kualitas, Jawa Timur termasuk tim unggulan dan realitasnya, Jawa Timur kekuatannya di atas Bali.

Harapan pihaknya dari sparring nantinya jika teralisasi, pelatih bisa mengevaluasi kematangan para atlet menjelang PON. Termasuk kekurangan yang masih ada. Dan bagi atlet, agenda ini bagus untuk mengukur kualitas mereka ketika berhadapan dengan lawan yang notabene sama-sama atlet PON juga.

Kembali ke soal persiapan tim, terutama soal fisik tersebut, pihak manajer dan pelatih juga berencana mengajak para atlet menjajal daerah Kintamani, Bangli dengan latihan fisik.

Programnya nanti, para atlet akan dijajal fisiknya dalam menghadapi medan yang berbukit yang menanjak dengan udara yang tipis. Tujuannya untuk membentuk ketahanan paru-paru atlet yang nantinya dapat menopang peforma saat bertanding.

“Dalam waktu dekat ini kami ke Kintamani. Pelatih fisik juga sudah disiapkan. Rencana akan beberapa hari di sana (Kintamani),” tandas Palasara. (zil)