PDIP Berikan Penghormatan Terakhir Atas Gugurnya Prajurit TNI yang Tenggelam bersama KRI Nanggala-402

Petugas Patai PDI Perjuangan di Bali melakukan tabur bunga dan doa bersama atas gugurnya 53 prajurit TNI-AL yang tenggelam bersama Kapal Selam Nanggala-402.

BULELENG, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri atas nama Keluarga Besar PDI Perjuangan menyampaikan simpati dan duka cita mendalam, serta memanjatkan doa dan memberikan penghormatan kepada 53 orang prajurit sebagai patriot bangsa yang telah dinyatakan gugur dalam tugas di Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang tenggelam dan ditemukan pada hari Minggu (25/4/2021).

Semoga amal bhaktinya diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan mendapatkan tempat yang terbaik di sisi-Nya, semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kesabaran dan kekuatan menghadapi peristiwa ini.

Doa dan simpati itu dilaksanakan dengan menugaskan Petugas Patai PDI Perjuangan di Bali untuk melaksanakan doa bersama dan tabur bunga atas gugurnya para prajurit patriot bangsa sebagaimana diumumkan oleh Panglima TNI.

Doa bersama dan tabur bunga dilaksanakan di Pelabuhan Lalang, Desa Sumberklampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng pada hari Senin (26/4/2021) pukul 12.30 Wita  dipimpin oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, MM dan dihadiri pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Bali, Pengurus DPC PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se-Bali, Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Bali Kader PDI Perjuangan, Anggota Fraksi PDI Perjuangan Kabupaten/Kota se-Bali beserta Kader PDI Perjuangan se-Bali.

Doa dan tabur bunga dilaksanakan untuk memberikan penghormatan kepada seluruh awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 atas dedikasinya menjaga kedaulatan NKRI, berdasarkan Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pengabdian yang luar biasa kepada negeri tercinta ini menjadi pelajaran dan teladan bagi prajurit TNI dan bangsa Indonesia untuk selalu menjaga kedaulatan NKRI, mencintai Tanah Air Indonesia dengan sekuat-kuatnya sampai akhir hayat.

PDI Perjuangan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintah untuk memberikan penghargaan kepada putra terbaik bangsa  yang telah gugur tersebut, serta memberikan perhatian kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Semangat, spirit, kepeloporan dan pengabdian awak Kapal Selam KRI Nanggala-402 sesuai semboyan ‘Wira Ananta Rudira’ yang berarti Tabah Sampai Akhir, menjadi contoh dan teladan bagi kami petugas partai di Bali dalam menjalankan tugas dan kewajiban untuk mengabdi kepada bangsa dan negara,” ucap Wayan Koster.

Menurutnya, Megawati Soekarnoputri memberikan arahan dan menegaskan bahwa sebagai bentuk kepedulian kepada putra putri dari para prajurit yang gugur dalam bertugas di KRI Nanggala-402, agar kader PDI Perjuangan se Indonesia untuk bergotong royong membantu biaya pendidikan anak-anak almarhum sampai lulus S1. Bantuan pendidikan akan disalurkan melului bank yang akan dikoordinir oleh PDI Perjuangan. (ari)