Kapolda Jatim: “Jalin Koordinasi, Komunikasi dan Kolaborasi, Kunci Sukses Kebersamaan”

Kapolda Jatim saat memberikan pemaparan kepada seluruh Pejabat Utama Polres, dan para Kapolsek jajaran Polres Batu.

JATIM, PERSPECTIVESNEWS– Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta menekankan pentingnya menjalin koordinasi, komunikasi dan kolaborasi antar anggota dengan baik karena hal itu menjadi kunci sukses kebersamaan.

“Selalu jalin komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dalam setiap pelaksanaan tugas agar dapat mencapai sukses melalui kebersamaan,” ujarnya saat memberikan pemaparan kepada seluruh Pejabat Utama Polres, dan para Kapolsek jajaran Polres Batu, saat kunjungan kerja di Mapolres Batu, Kamis (8/4/2021).

Dalam kunjungannya, Kapolda Jatim berpesan agar seluruh anggota dan jajaran di Polres Batu selalu menerapkan pelaksanaan program Presisi Kapolri yang merupakan respon dari tantangan tugas yang selalu berubah-ubah dan tuntutan masyarakat terhadap Polri.

“Respon tersebut direalisasikan melalui 4 transformasi kebijakan, 16 program prioritas, 51 kegiatan dan 177 rencana aksi. Maka dari itu, setiap anggota Polri harus melaksanakan program tersebut sesuai dengan tugas wewenang dan tanggung jawab masing-masing,” pesan Irjen Pol Nico Afinta, kepada anggota jajaran Polres Batu.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan, pemimpin di setiap lapisan harus mampu mengubah anggota yang kurang baik menjadi anggota yang baik, dengan cara menerapkan pola keteladanan dalam memimpin, dengan sistem reward and punishment dalam setiap pelaksanaan tugas.

Melaksanakan Strategi Preventif yaitu sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait  penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dan optimalisasi Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM Mikro).

Selain itu, melaksanakan Strategi Penegakan Disiplin, berupa Komunikasi, Koordinasi dan Kolaborasi yang baik dengan instansi, terkait Penegakan Disiplin Operasi Yustisi dengan harapan dapat menekan angka penyebaran Covid-19.

Kapolda juga menghimbau kepada jajaran untuk turut serta membantu pelaksanaan vaksinasi dengan strategi kuratif, yaitu dengan melaksanakan pengamanan, pengawalan, dan pengawasan proses vaksinasi yang telah berjalan, untuk meminimalisir pelanggaran maupun hal hal yang dapat menghambat percepatan pelaksanaan vaksinasi. “Sehingga secara efektif dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Tidak hanya itu, Kapolda juga berpesan untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan sistem pengamanan di Mako, dalam setiap pelaksanaan tugas.    (ari)