Beri Pemahaman Mahasiswa Tentang Pancasila, FH Unmas Denpasar Gandeng BPIP Adakan Webinar Nasional

Para pembicara dalam Webinar Nasional yang diselenggarakan FH Unmas Denpasar bekerja sama dengan BPIP. (FOTO: ist)

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Untuk memberi pemahaman kepada mahasiswa mengenai nilai-nilai luhur Pancasila, Fakultas Hukum Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan webinar nasional di Aula Universitas Mahasaraswati Denpasar, Kamis (8/4/2021).

Webinar mengangkat tema ‘Aktualisasi Nilai-nilai Pancasila di Lingungan Pendidikan dalam Situasi Pandemi Covid-19’ ini menampilkan pemateri Wakil Rektor I Unmas Denpasar Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H.,M.H, Anggota Dewan Pengarah BPIP Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, S.IP, dan Anggota DPR RI Komisi IV Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra, S.H.,M.H.

Dalam sambutannya, Rektor Unmas Denpasar yang diwakili Dekan Fakultas Hukum Unmas Denpasar Dr. I Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa, S.H.,M.Hum menyampaikan, webinar nasional ini merupakan wujud nyata implementasi Universitas Mahasaraswati dalam menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di lingkungan pendidikan Unmas Denpasar.

Selain ilmu-ilmu sesuai prodi yang diajarkan, tiap Fakultas di Unmas Denpasar wajib memasukkan materi Pancasila dalam pelaksanaan program belajar mengajar sebagai bekal para mahasiswa selepas lulus dan hidup di masyarakat.

Lanang Perbawa menegaskan, bekal materi dalam webinar ini sangat penting disampaikan kepada seluruh civitas akademika Universitas Mahasaraswati Denpasar.

“Selain sebagai dasar negara kita, Pancasila bisa membangun dan membentuk karakter manusia, masyarakat, para mahasiswa maupun pendidik agar menjadi lebih peka terhadap ancaman ideologi yang menyimpang,” bebernya.

Senada dengan Dekan FH Unmas, Wakil Rektor I Unmas Denpasar Dr. I Wayan Gde Wiryawan, S.H.,M.H dalam materinya memaparkan, pentingnya pendidikan karakter guna menjadikan manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Lemahnya pendidikan karakter bisa menyebabkan munculnya masalah-masalah (problematika) di Indonesia yang meliputi korupsi, narkoba, teroris dan lain-lain,” ujar Wiryawan sembari menambahkan, masalah utama karakter pelajar di Indonesia ada empat yaitu: intoleransi, bullying/perundungan, penyalahgunaan serta pelecehan seksual.

Webinar nasional dilaksanakan secara daring dan luring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan ketat. Webinar nasional dalam rangkaian pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi ini diharapkan bisa dijadikan bekal seluruh jajaran civitas akademika Universitas Mahasaraswati Denpasar. (zil)