Hadapi Pasar Global, UMKM Kota Blitar Ikuti Pembinaan Ekspor Impor

Wali Kota Drs. Santoso (berdiri, kiri) membuka Pembinaan Ekspor dan Impor di Kota Blitar.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Dalam sarana mempersiapkan diri menghadapi pasar global yang semakin kompetitif dan menggali potensi produk lokal, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar menggelar Pembinaan Ekspor dan Impor untuk para UMKM Kota Blitar.

Kegiatan berlangsung, Selasa (6/4/2021), bertempat di Meeting Hall Hotel Puri Perdana Kota Blitar. Menghadirkan narasumber Hindra Soe, Tenaga Teknis Bidang Akses Pembiayaan & Prosedur Ekspor Provinsi Jawa Timur, puluhan peserta UMKM yang hadir tampak bersemangat mengikuti acara yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB tersebut.

Acara dibuka oleh sambutan Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd ini sekaligus menjadi sarana perkenalan produk UMKM Kota Blitar yang berpotensi menembus pasar internasional secara berkelanjutan.

“Dengan kegiatan Pembinaan Ekspor dan Impor ini, kita harapkan UMKM Kota Blitar semakin mampu meningkatkan kualitas produknya untuk dapat bersaing di mancanegara. Kita patut berbangga dengan produk-produk unggulan Kota Blitar yang telah mampu menembus ekspor sebelumnya dan ke depannya kita harapkan semakin bertambah lagi eksportir muda yang membawa produk asli Kota Blitar,” ungkap Drs. Santoso kepada media.

Beberapa produk UMKM Kota Blitar yang tembus pasar mancanegara.

Dalam kegiatan tersebut juga dipamerkan beberapa produk UMKM kebanggaan Kota Blitar yang telah menembus pasar internasional seperti kerajinan tas batok kelapa, kerajinan kayu dan bambu serta sambel pecel khas Blitar yang telah dikenal sebagai ikon kuliner Kota Blitar di mancanegara.    (the)