De Gadjah Jadi Manajer Tinju Timnas SEA Games, Latihannya Terpusat di Batam

Made Muliawan Arya saat menghadap Gubernur Bali Wayan Koster, Selasa (6/4/2021).

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Pengprov Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Bali Made Muliawan Arya dipercaya oleh PP Pertina menjadi manajer tinju Timnas Merah (Tim A) yang dipersiapkan bertanding di SEA Games XXXI Vietnam, 21 November sampai 2 Desember 2021.

“Saya dihubungi langsung Ketua Umum PP Pertina Pak Komarudin Simandjuntak dan diminta untuk menjadi manajer tinju Timnas Merah atau Timnas A yang ber-home base di Batam. Saya langsung menerima dengan catatan, saya tetap didukung para pengurus PP Pertina dan tidak ditinggal sendirian,” ujar Made Muliawan Arya, Selasa (6/4/2021) di Denpasar.

Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah itu menambahkan, dirinya menerima tugas sebagai manajer tinju timnas karena kebanggaan sekaligus ini merupakan tugas mulia karena membawa nama bangsa dan negara Indonesia dia level Asia Tenggara.

Menjadi manajer tinju timnas, kata Made Muliawan Arya alias De Gadjah, memang tidaklah mudah dan banyak diperebutkan karena datangnya hanya sekali dalam diri seseorang.

“Saya sudah mendapat restu dari Wali Kota, Wakil Wali Kota Denpasar dan Ketua DPRD Kota Denpasar,” tambah pria berkepala plontos yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar itu.

Dijelaskan Made Muliawan Arya, di Timnas Merah atau Timnas A dihuni oleh 11 petinju yang menjadi juara atau meraih medali emas pada Seleksi Nasional (Seleknas) yang digelar beberapa waktu lalu.

Salah seorang petinju PON Bali yang masuk tim itu yakni Kornelis Kwangi Langu di kelas Layang (49 kg). Sedangkan satu petinju PON Bali lainnya Cakti Dwi Putra kelas Menengah (75 kg) menghuni Tim Putih atau Tim B yang ber-home base di Serang. Tim Putih sendiri dihuni oleh petinju yang meraih medali perak dalam seleknas lalu.

“Kalau saya manajer di Tim Merah kalau Tim B manajernya Asri dari Maluku Utara. Nantinya tetap ada sparing para petinju Tim Merah dan Tim Putih. Jika dari semua sparing ternyata Tim Merah banyak menang, maka saya akan jadi menjadi manajer inti Tim Tinju SEAG Indonesia dan Asri jadi wakil manajer. Sebaliknya jika ternyata Timnas Putih banyak petinjunya yang menang, saya jadi wakil manajer dan Asri jadi manajer,” tutup Made Muliawan Arya. (zil)