Wujudkan Reformasi Birokrasi, Wali Kota Launching Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar

Wali Kota Drs. Santoso, M.Pd saat meresmikan Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Dalam rangka penerapan layanan publik terpadu, Wali Kota Drs. Santoso, M.Pd meresmikan Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar yang merupakan unit layanan birokrasi satu pintu pertama di Kota Blitar dengan layanan 5 in 1. Ini merupakan wujud reformasi birokrasi.

Peresmian dilakukan Senin (5/4/2021) dan dihadiri langsung UPT Bappeda Provinsi Jatim, Ketua DPRD Kota Blitar dr. Syahrul Alim, Kepala Kantor Imigrasi Blitar Murdo Danang Laksono dan Kapolres Blitar Kota AKBP Dr. Yudhi Setiawan.

Unit layanan yang berada di pusat perbelanjaan Blitar Square ini meliputi layanan Samsat Corner, Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pelayanan Imigrasi, Perijinan Terpadu serta Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan via Bank Jatim.

Wali Kota Blitar Drs. Santoso, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan, Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar merupakan inovasi pelayanan terpadu yang bertujuan dalam penyederhanaan birokrasi pelayanan publik.

“Dengan adanya pembukaan Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar ini, diharapkan ke depannya bisa menciptakan iklim birokrasi yang efektif dan efisien sehingga masyarakat semakin dipermudah dalam mendapatkan pelayanan publik. Ditambah lagi dengan layanan publik yang efisien, ke depannya bisa menjadi daya tarik bagi para investor untuk menanamkan modal sehingga tentunya dapat menciptakan lapangan kerja baru di Kota Blitar. Ini merupakan salah satu komitmen kami dalam mewujudkan Kota Blitar yang ramah investasi sehingga bisa mengangkat kesejahteraan warga Kota Blitar,” jelas Drs. Santoso kepada media.

Pembukaan Pusat Pelayanan Publik Kota Blitar Terpadu yang diinisiasikan oleh Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMTKPTSP) Kota Blitar ini mendapat respon yang antusias dari masyarakat Kota Blitar.

Selain dapat mengakses layanan terpadu dari instansi terkait yang sebelumnya berjarak cukup jauh dari Kota Blitar seperti layanan pembuatan paspor yang berada di Kabupaten Blitar, warga yang hendak mengurus pembayaran pajak dan perijinan juga dapat berkonsultasi langsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ditambah lagi dengan lokasi yang berada di pusat perbelanjaan yang dapat menarik minat warga yang ingin mengakses layanan publik dengan lebih nyaman dan aman.  (the)