Ny Putri Koster: PKB Sebagai Ajang Eksklusif IKM Untuk Tonjolkan Produk-Produk Primer

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny Putri Suastini Koster

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, Ny Putri Suastini Koster, menekankan PKB adalah ajang eksklusif IKM di mana produk-produk primer lebih ditonjolkan. Bertajuk “Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi”, PKB ke-43 adalah ajang bergengsi yang bertujuan untuk melestarikan dan mengembangkan kesenian dan warisan budaya Bali.

Kerajinan sebagai salah satu warisan budaya yang harus dilestarikan, sehingga harus benar-benar menampilkan produk yang berkualitas.

“Untuk itu saya minta para perajin dan IKM kita untuk menampilkan produk-produk primer dalam ajang PKB ke-43 mendatang,” ujarnya di Ruang Rapat Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali, Senin (5/3/2021).

Dengan tajuk “Purna Jiwa: Prananing Wana Kerthi”, pameran pada perhelatan PKB ini, sebut Ny Putri Koster, bertujuan untuk melestarikan budaya, juga untuk mewadahi kreativitas dan inovasi perajin serta menjembatani pengrajin dengan masyarakat.

“Ini juga ujungnya adalah kesejahteraan pengrajin. Jadi kami minta turuti pakem yang ada, jika diharuskan menampilkan produk berkualitas ayo ikuti. Silahkan berinovasi dalam model, namun tanpa meninggalkan nilai filosofi dan menurunkan kualitas karya kita,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disperindag, I Wayan Jarta, sebelumnya melaporkan jika pameran kerajinan dalam PKB mendatang akan dilaksanakan secara hybrid (campuran) yaitu online dan offline, mengingat pandemi Covid-19 masih melanda.

Kendati demikian, ia meyakinkan pelaksanaan pameran kali ini akan lebih menarik karena akan menampilkan pameran yang berkualitas dan menonjolkan sisi keseniannya. (ari)