KONI Bali Dukung PON Mini Cabor Panjat Tebing

Ketut Suwandi

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Kejuaraan panjat tebing yang digelar Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali di Lintasan Panjat Tebing Lapangan Alit Saputra Tabanan, 3-8 April 2021 mendapat dukungan penuh KONI Bali.

Menurut Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, kejuaraan tersebut menjadi ajang evaluasi bagi atlet panjat tebing PON Bali sebelum mereka berlaga di ajang sesungguhnya PON XX/2021 Papua, Oktober mendatang.

“Sementara belum bisa mengikuti try out, maka try in yang dilakukan FPTI Bali menjadi terobosan mengukur kualitas dan perkembangan atletnya selama pandemi, karena yang berlaga di kejuaraan nanti merupakan atlet PON dari 12 Pengprov FPTI di Indonesia,” ujar Suwandi ditemui di ruang kerjanya, Rabu (31/3/2021).

Menurut Suwandi, terobosan yang dilakukan FPTI Bali dengan mengundang 12 Pengprov FPTI di Tanah Air berkompetisi di ajang PON Mini Panjat Tebing itu perlu ditiru cabor-cabor PON Bali lainnya.

 Selain sejalan dengan program menggalakkan sport tourism, try in seperti yang dilakukan FPTI Bali paling tidak menghemat anggaran. “Jadi kami mensupport sepenuhnya kejuaraan PON Mini Panjat Tebing itu,” imbuhnya.

Suwandi mengatakan, sekitar 1,5 tahun para atlet PON Bali tidak berkompetisi di ajang resmi. Di sisa waktu sebelum gelaran PON pada Oktober 2021 mendatang, menurut Suwandi tidaklah panjang dan mereka harus mempersiapkan sebaik mungkin sebelum bertanding di ajang PON Papua.

Mantan Ketua Umum KONI Badung ini mengingatkan agar panpel PON Mini Panjat Tebing mempersiapkan dengan baik protokol kesehatan yang menjadi persyaratan dari Satgas Covid-19 Provinsi Bali agar kejuaraan tidak mengalami kendala.

“Jangan sampai ada kerumunan. Soal anggaran kami belum bisa memberikan jawaban pasti untuk bantuan ke FPTI Bali karena memang dana bantuan hibah dari Pemprov Bali belum cair,” pungkas Suwandi.

Guna mengukur kekuatan dan perkembangan pelatprov internal tim panjat tebing PON Bali, Pengprov FPTI menggelar PON mini panjat tebing yang diikuti 12 tim panjat tebing PON dari 12 provinsi di Indonesia.

Ketua Umum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika, mengatakan 12 provinsi itu meliputi Aceh, Papua, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan Timur, NTB serta Bali sebagai tuan rumah.

“Nantinya setelah PON Mini bakal dilanjutkan pada 9-10 April dengan panjat tebing alam di Songan Kintamani, Bangli. Khusus di Songan ini tujuannya untuk sport tourism karena keindahan alamnya dan memanjat tebing alami secara langsung. Kalau untuk PON mini panjat tebingnya ini bagian untuk evaluasi dan koreksi tim panjat tebing PON Bali selama melakoni Pelatprov internal FPTI Bali yang sudah berjalan mulai November lalu,” kata Yudi Atmika, kemarin. (zil)