Wakil Wali Kota Denpasar Hadiri Karya Pule Gembal di Pura Kayangan Kesambi

Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa saat menghadiri Upakara Pule Gembal Mebebangkit yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Kesambi, Desa Adat Kesiman Kertalangu, Dentim.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Wakil Wali Kota Denpasar I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Upakara Pule Gembal Mebebangkit yang dilaksanakan di Pura Kahyangan Kesambi, Desa Adat Kesiman Kertalangu, Dentim, pada Selasa (30/3/2021).

Upakara ini merupakan salah satu rangkaian upacara Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Tawur Balik Sumpah Utama Padudusan Agung Nyatur Muka yang sudah dilaksanakan setahun lalu.

Dalam kesempatan tersebut hadir Anggota DPRD Kota Denpasar yang juga sebagai Panitia Karya I Wayan Warka, Jero Bendesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna, Perbekel Desa Kesiman Kertalangu, I Made Suena, Ketua Sabha Desa Adat Kesiman, I Wayan Wiranata, serta undangan lainya dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa mengharapkan setelah dilaksanakannya Upakara Pule Gembal Mebebangkit di Pura Kahyangan Kesambi ini dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

“Tentu pelaksanaan Yadnya ini sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat  beragama. Diharapkan upacara Yadnya ini dapat memberikan energi Dharma yang dapat memancarkan hal positif bagi jagat Bali serta menetralisir hal-hal negatif melihat berbagai macam situasi yang terjadi saat ini demi terciptanya keseimbangan alam beserta isinya,” katanya.

“Ini merupakan bagian dari dharmaning agama dan dharmaning negara. Tentunya kami berharap dengan upacara ini dapat memberikan manfaat yang baik secara sekala dan niskala bagi masyarakat,” imbuhnya.

Sementara Panitia Karya  I Wayan Warka mengatakan, Upakara Pule Gembal Mebebangkit ini merupakan salah satu dari rangkaian dari upacara Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Tawur Balik Sumpah Utama Padudusan Agung Nyatur Muka yang sudah dilaksanakan tahun lalu. Upakara Pule Gembal kali ini telah dimulai sejak pagi yang diawali rangkaian awal dengan ngias Ida Bhatara, lalu lunga kepura dan melinggih di Pura Kayangan Kesambi.

Selanjutnya krama pengempon Pura Kayangan Kesambi yang meliputi tiga banjar yakni Banjar Kesambi, Banjar Biaung dan Tanggun Titi melaksanakan pepranian.

Dikatakan I Wayan Warka, karena pengempon pura ini dari tiga banjar dan lumayan banyak, untuk pelaksanan persembahyangannya dibagi tiga sehingga tetap dapat menerapkan protokol kesehatan.

Pembagian waktu persembahyangan ini meliputi Krama Banjar Kesambi dilaksanakan mulai dari pukul 13.00 sampai pukul 15.30, selanjutnya pukul 15.30 sampai pukul 18.00 dilaksanakan persembahyangan dari krama Banjar Biaung dan selanjutnya dilaksanakan pengecan-ecan dan pengilen-ilen dan setelah itu langsung dilaksanakan penyineban. Dalam pelaksanaan upacara tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing, Griya Gede Tegal Jingga Denpasar. (hum)