Pimpin Pertina Bali, De Gadjah Programkan Tinju Masuk Desa dan Bentuk Pelatda

Made Muliawan Arya seusai terpilih sebagai Ketua Umum Pertina Bali periode 2021-2025.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Menggelar tinju secara bergiliran di kabupaten seluruh Bali dalam program tinju masuk desa, dan pembentukan pemusatan latihan daerah tinju di Denpasar merupakan program yang akan digalakkan Pengprov Pertina Bali periode 2021-2025.

Ketua Umum Pertina Bali terpilih Made Muliawan Arya mengatakan, tinju masuk desa merupakan program untuk menjaring bibit-bibit petinju yang tersebar di seluruh Bali. Mereka nantinya ditempa di pelatda tinju Bali di Denpasar.

“Kami jadwalkan tinju masuk desa setiap empat bulan sekali bergilir ke kabupaten dan kota. Tinju masuk desa dulu pernah ada, nah ini kami galakkan lagi,” ujar pria yang akrab disapa De Gadjah usai Musprov Pertina Bali yang secara aklamasi memilih dirinya menjadi ketua umum, di Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Minggu (28/3/2021).

De Gadjah mengatakan akan memajukan tinju di Bali dengan keliling ke kabupaten untuk mencari bibit petinju. Mereka nantinya diseleksi melalui ajang tinju masuk desa, yang pesertanya murni petinju pemula dan belum punya nama.

“Pemenang dari tinju masuk desa ini nantinya kami rekrut ke Pelatda Bali dan dilatih di sasana tinju yang akan dibangun oleh Pertina Bali di Denpasar,” kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini.

Mengenai status petinju pelatda, De Gadjah mengatakan mereka tetap milik kabupaten di mana dia berasal, dan jika nanti turun di Porprov Bali maka mereka mewakili kabupaten atau kota di mana dia berasal. Tetapi dia akan membawa nama Bali di event nasional.

Lebih jauh dia mengatakan, dengan dimilikinya sasana tinju oleh Pertina Bali, maka jika nantinya Bali ditunjuk sebagai tempat pelatnas, maka tidak kesulitan lagi menentukan tempatnya. Begitu juga jika nantinya akan mengundang petinju nasional maupun luar negeri, maka soal tempat sudah tidak masalah lagi.

“Tentu untuk melaksanakan program-program kami tersebut perlu mendapat support dari pemerintah, KONI Bali maupun insan tinju Pulau Dewata. Tanpa itu kami tidak mungkin bisa berbuat apa-apa,” katanya.

Musprov Pertina Bali diikuti seluruh pengkab dan pengkot se-Bali, dibuka Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi, yang mengatakan prestasi tinju Bali cukup gemilang di kancah nasional dan internasional. Karenanya ia minta petinju Bali terus berlatih sehingga prestasi semakin meningkat. (yus)