Parade Keroncong Kebangsaan Tutup Pekan Literasi Seni Budaya Kota Blitar

Parade Keroncong Kebangsaan sebagai penutup pekan Literasi Seni dan Budaya berlangung meriah.

BLITAR, PERSPECTIVESNEWS– Dalam rangka mengobati kerinduan para pecinta musik keroncong sekaligus melestarikan seni budaya bangsa, Perpustakaan Nasional Bung Karno menggelar event Parade Keroncong Kebangsaan sebagai penutup pekan Literasi Seni dan Budaya yang berlangsung 22-27 Maret 2021.

Digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang cukup ketat, pagelaran yang dilaksanakan pada Sabtu (27/3/2021) tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari warga yang telah lama merindukan kembalinya digelar pentas seni di Bumi Proklamator itu.

Pagelaran akbar yang diikuti 10 grup keroncong dari Blitar hingga Tulungagung ini dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dengan dihadiri perwakilan petugas Perpusnas Bung Karno saat membuka acara.

Pagelaran musik yang digelar di Amphitheater Perpustakaan Nasional Bung ini diisi penampilan grup keroncong di Blitar Raya diantaranya seperti Sahara, Rumah Blitar Kreatif dan Ramesthi.  Hiburan tersebut cukup mampu mengobati kerinduan para pecinta musik sekaligus melestarikan seni dan budaya di Kota Blitar.

Menurut salah satu peserta yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut, para musisi ingin kembali berkarya menghibur masyarakat meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Perpustakaan Nasional Bung Karno yang bisa memfasilitasi dengan segala ketentuan yang berlaku agar kami dari musisi keroncong Blitar dapat kembali berkesenian sekaligus melestarikan seni budaya bangsa. Tidak menyangka juga bisa sampai sedemikian besar animo penonton yang hadir. Kami berharap semoga nanti bisa berlanjut lagi. Mewakili rekan musisi tentu sangat bersyukur bisa manggung kembali di sini,” ungkap Mochamad Agus dari personel grup keroncong Ramesthi asal Lodoyo Blitar.

Hal senada juga diungkapkan para penonton yang ingin agar segera kembali normal seperti dulu sehingga banyak kegiatan kesenian lagi.

“Kalau di sini diadakan kegiatan jadinya kan bisa ramai lagi dan bisa menggerakkan ekonomi rakyat dari kesenian yang manggung disini,” tukas Budi, salah satu pengunjung yang hadir memberikan support untuk grup keroncong kerabatnya dari Wlingi.

Parade Keroncong Kebangsaan merupakan bagian dari acara program Inklusi Sosial yang dicanangkan oleh Perpustakaan Nasional Bung Karno melalui pekan Literasi Seni dan Budaya yang telah berlangsung sejak Senin (22/3/2021) lalu dan mendapat sambutan positif dari masyarakat.     (the)