Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Terima Tanaman Obat

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Wakil Ketua Ny. Ayu Kristin Wibawa saat menerima bantuan tanaman obat.

DENPASAR, PERSPECTIVESNEWS – Tim Penggerak PKK Kota Denpasar menerima bantuan tanaman obat-obatan dari  Pusat Pengembangan Infrastruktur Data Spasial (PPIDS) Universitas Udayana dan PT. Indonesia Power, Kamis (25/3/2021) di Kebun PPT Lumintang.

Bantuan tanaman obat ini diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara di dampingi Wakil Ketua Ny. Ayu Kristin Wibawa.

Dalam kesempatan itu Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengucapkan terima kasih kepada PPIDS Unud dan PT. Indonesia Power atas bantuan tanaman obat yang diberikan.

Menurutnya, PKK Kota Denpasar akan membuat taman hatinya PKK. Dimana dalam taman hatinya PKK itu akan ada berbagai macam tanaman obat, sayur-sayuran dan budidaya ikan lele.

“Sehingga bantuan tanaman obat yang diberikan PPIDS Unud dan PT. Indonesia Power sangat membantu melengkapi tanaman di taman hatinya PKK,” ujar Ny. Sagung Antari.

Ia melanjutkan tanaman obat-obatan yang diberikan akan dibudidayakan  di taman hatinya PKK. Hal itu dilakukan supaya tanaman obat tersebut dapat berkembang dan selanjutnya tanaman ini diberikan kepada keluarga miskin yang mendapatkan bantuan bedah rumah.

Mengingat PKK Kota Denpasar bersinergi dengan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkim) Kota Denpasar dalam membantu mensejahterakan masyarakat Kota Denpasar.

“Selain mendapatkan bantuan bedah rumah kami dari PKK juga memberikan bantuan tanaman, sehingga mereka juga bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya dengan bercocok tanam, secara tidak langsung hasilnya dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jelasnya.

Sementara itu Ahli Muda Lingkungan PT. Indonesia Power Dewa Gede Purnata mengatakan, tanaman obat yang diberikan ada berbagai macam seperti daun sirih, dlingo, vongot merah, kumis kucing,lemon mint, jahe merah, bongot merah, lemon mint sirih merah, gempur batu, lavender, bangle, geranium, arugula, jinten, lidah buaya dan lain sebagainya.

Bantuan ini merupakan program rutin PT. Indonesia Power untuk penghijauan seluruh wilayah. Sehingga bantuan tanaman yang diutamakan adalah sesuai dengan permintaan pemerintah daerah.

Pihaknya telah menjalin kerja sama yang baik dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pemerintah. “Karena PKK minta bantuan tanaman obat, maka kami memberikan tanaman obat-obatan yang berjumlah sebanyak 152 tanaman,” ungkapnya. (hum)